5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Bantai Brunei Darussalam

Duel Brunei vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • Twitter: Timnas Indonesia

Bandar Seri Begawan - Timnas Indonesia kembali bantai Brunei Darussalam dengan skor 6-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 leg kedua di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah pada Selasa malam kemarin, 17 Oktober 2023.

Di Usia 94 Tahun, PSSI Optimistis Masa Depan Sepakbola Indonesia Cerah

Keenam gol Timnas Indonesia masing-masing dibukukan Hokky Caraka (6', 44'), Egi Maulana Vikri (42'), Witan Sulaeman (47'), Rizky Ridho (63') dan Ramadhan Sananta (82'). Hasil ini memastikan skuad asuhan Shin Tae-yong lolos ke babak selanjutnya di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Berikut beberapa fakta mengerikan duel Brunei vs Timnas Indonesia:

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2025

1. Gol Perdana Hokky Caraka

Striker Timnas Indonesia U-23 Hokky Caraka

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia
Mantan Bintang Liga Inggris Beri Pengakuan Soal Timnas Indonesia U-23

Hokky Caraka mampu tampil luar biasa sebagai ujung tombak Timnas Indonesia. Pemain PSS Sleman itu berhasil mencetak dua gol serta dua assist. Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

Selain itu juga, Hokky Caraka berhasil menyumbangkan gol perdananya bagi Timnas Indonesia Senior dan menjadi termuda kedua setelah Boaz Solossa.

2. Tiga Tim Berat Menunggu

Duel Timnas Vietnam vs Timnas Indonesia di leg 2 semifinal Piala AFF 2022

Photo :
  • AP Photo/Nguyen Manh Quan

Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak selanjutnya dalam kualifikasi Piala Dunia 2026. Kini Garuda Indonesia akan bergabung ke dalam Grup F bersama Irak, Vietnam dan Filipina. Ini akan menjadi ujian berat bagi skuad asuhan Shin Tae-yong, mengingat lawan kali ini terbilang sangat kuat.

3. Ramadhan Sananta Top Skor

Ramadhan Sananta, Duel Timnas Indonesia vs Brunei

Photo :
  • IG: Timnas Indonesia

Ramadhan Sanata berhasil mencetak satu gol. Torehan tersebut mengantarkan dirinya menjadi top skor Piala Dunia 2026 dengan torehan tiga gol setelah di pertandingan sebelumnya, ia berhasil mencetak dua gol. Catatan tersebut sama dengan Dimas Drajad.

4. Timnas Indonesia Cetak Rekor

Timnas Indonesia melawan Timnas Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • PSSI

Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan meraih kemenangan dalam dua leg dengan skor 12-0. Setelah di leg pertama berhasil menumbangkan Brunei dengan 6-0 begitu juga dengan leg kedua.

Sebetulnya Timnas Indonesia pernah meraih kemenangan besar saat menghadapi Filipina dengan skor 13-1 dalam babak penyisihan Piala AFF 2002, namun laga tersebut hanya berlangsung satu leg.

5. Perpanjang Catatan Buruk Brunei

Asnawi Mangkualam di laga Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam

Photo :
  • PSSI

Kalah atas Timnas Indonesia, hasil ini memperpanjang catatan buruk Brunei. Dalam lima pertandingan terakhir, mereka belum pernah meraih kemenangan atau pun hasil imbang.

Selain itu juga, Brunei selalu menelan kekalahan dengan skor besar. Skor paling terkecil yaitu ketika mereka menelan kekalahan atas Kamboja dengan skor 1-5.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya