PSPS Riau Sempat Mogok Tanding Lawan PSMS Medan, Ini Penyebabnya

Duel PSMS Medan vs PSPS Riau
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Deli Serdang – PSMS Medan harus puas berbagi poin saat menghadapi PSPS Riau dalam lanjutan Liga 2 dengan skor akhir 0-0, di Stadion Baharoeddin Siregar, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu sore, 9 Desember 2023.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Seharusnya, kick off dimulai pukul 15.30 WIB. Namun, tim tamu tidak mau turun ke lapangan. Ternyata, dipermasalahkan adalah wasit pemimpin pertandingan itu, bernama Ridwan Pahala. 

Manajemen PSPS Riau, melakukan protes terhadap wasit tersebut, dalam surat protes yang dilayangkan PSPS, disebutkan wasit itu masih dalam masa hukuman Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Dengan surat ini kami klub PSPS Riau keberatan dengan ditunjuknya Ridwan Pahala (wasit tengah) yang sama-sama kita ketahui sedang mendapat sanksi pembinaan perangkat pertandingan selama dua pekan," tulis Manajer PSPS Edward Riansyah dalam surat yang beredar, yang ditujukannya ke Komdis PSSI, tertanggal 9 Desember 2023.

Meski diprotes, Ridwan Pahala tetap memimpin pertandingan itu, dan skuat tim PSPS melanjutkan pertandingan dengan kick off dimulai pukul 16.05 WIB.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Duel PSMS Medan vs PSPS Riau

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Menyikapi hal itu, Koordinator Panpel, Pesta Lumban Gaol mengungkapkan bahwa penugasan wasit dari PSSI bukan dari PT LIB, sebagai operator liga. Sehingga tidak ada wewenang untuk menganti perangkat pertandingan tersebut.

"Apapun yang mau disampaikan pihak PSPS, itu keputusan bergantung kepada PSSI masalah wasit. Jadi di sini tidak ada kesalahan dari match com, LIB," ucap Pesta usai pertandingan, Sabtu malam, 9 Desember 2023.

Pesta menjelaskan bahwa pihaknya, tidak mengetahui siapa yang ditugaskan memimpin pertandingan. Karena, nama wasit muncul H-1 pertandingan, Jumat malam, 8 Desember 2023.

"Benar (biasanya sehari sebelum lagi pada siangnya). Tapi maaf lah dulu ya, kita aja tahunya tadi malam, saya enggak bisa tanda kutip menjawab itu," jelas Pesta.

Setelah dilakukan negosiasi, Pesta mengungkapkan pihak PSPS akhirnya mau tanding meski dengan wasit Ridwan Pahala.

"Kita sampaikan kepada PSPS, regulasi tetap kita jalankan, mau protes silahkan, mau bagaimana hasilnya nanti silahkan PSSI yang memutuskan, akhirnya mereka tetap mau main," ucap Pesta.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya