Wasit Persib Vs Persik Punya Rekam Jejak Bagus di J League

Wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura yang pimpin laga Liga 1.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta – Futoshi Nakamura memimpin pertandingan Liga 1 antara Persib Bandung vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu 11 Desember 2023. Rupanya dia punya rekam jejak bagus di J League.

Widodo Cahyono Putro Ungkap Kunci Selamatkan Arema FC dari Degradasi

Futoshi Nakamura datang ke Indonesia untuk memimpin pertandingan Liga 1 bersama Yusuke Araki yang menjadi wasit antara Persita Tangerang melawan Persikabo 1973. Keduanya datang berkat kerja sama antara PSSI dengan JFA.

Tujuan PSSI bekerja sama dengan Federasi Sepakbola Jepang akan hal ini karena ingin meningkatkan kualitas wasit. Futoshi dan Yusuke jadi wasit utama, sedangkan asistennya dari Indonesia.

Banyak Berkutat di Zona Degradasi, Arema FC Bersyukur Lolos dari Lubang Jarum

Logo J League

Photo :
  • Dok. J League

"Sepakbola kita akan meningkat kualitasnya jika diikuti juga dengan peningkatan SDM yang terlibat di dalamnya terutama perangkat pertandingan," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Jadi Apparel 4 Klub Liga 1, Jenama Lokal Ini Ingin Gebrak Internasional

Mengutip Twitter resmi J League, sebelum datang ke Indonesia, Futushi mendapat penghargaan. Dia terpilih sebagai wasit terbaik J League 2023 pekan ke-23.

Pria yang memulai karier sebagai wasit pada 2010 memulai dari J2 League. Setahun bertugas di sana, dia kemudian dipercaya ke kompetisi kasta tertinggi sepakbola Jepang.

Sepanjang J League musim 2023, Futoshi mendapat penugasan menjadi pemimpin sebanyak 21 kali. Dia juga terpilih menjadi wasit final J League YBC Levain Cup 2023.

Di level internasional, wasit berusia 45 tahun itu mendapat kepercayaan memimpin pertandingan Piala Dunia U-20. Dua pertandingan fase grup dia pimpin, dan menjadi wasit keempat di 16 besar dan perempat final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya