Timnas Indonesia Diremehkan, Begini Target Shin Tae-yong

Timnas Indonesia
Sumber :
  • Instagram @timnas.indonesia

VIVA – Timnas Indonesia dianggap sebelah mata di Piala Asia 2023. Bahkan, media Arab, Al Jazeera mengangkat judul ‘Tim Indonesia di Piala Asia 2023… ambisi besar dan kemampuan seadaanya.” 

Alasan PSSI Perpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

Penilaian itu berasal dari sejarah partisipasi Indonesia dalam Piala Asia. Kenyataannya, memang begitu. Belum lagi, Indonesia merupakan negara dengan rangking FIFA terbawah kedua di ajang ini.

Sedangkan di Grup D, timnas Indonesia bersama dengan Jepang. Irak, dan Vietnam yang secara peringkat FIFA jauh di atasnya.  Maka wajar saja, keberadaan Indonesia tidak begitu dikhawatirkan.

Rafael Struick Terpilih sebagai Bintang Masa Depan Piala Asia U-23 2024

Meski begitu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong cukup percaya diri untuk bisa membawa skuad MErah Putih lolos ke 16 besar.

Shin menekankan bahwa anak asuhnya bakal mempersiapkan diri dengan baik dan maksimal. "Persiapan kami targetnya 16 besar. Untuk itu, saya dan seluruh pemain akan berusaha maksimal dan berjuang keras,” kata Shin.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Shin mengakui bahwa Timnas Indonesia memang tak diunggulkan karena ranking mereka jauh lebih rendah dibandingkan lawan-lawannya. “Indonesia dalam ranking FIFA paling rendah posisinya. Namun, dalam sepak bola apa pun bisa terjadi,” kata Shin.

Di Grup D, Jepang saat ini berada di ranking 17 dunia dan tentu mereka menjadi lawan terberat buat tim asuhan Shin Tae-yong. Kemudian lawan lainnya, yakni Irak, saat ini juga berada di posisi ke-63 dalam ranking FIFA.

Setelah itu ada Vietnam yang menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang masuk dalam 100 besar ranking FFA. Sedangkan Indonesia ada di peringkat ke-147.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya