Timnas Indonesia Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes saat membela FC Dallas
Sumber :
  • AP Photo/Julio Cortez

VIVA – Timnas Indonesia mendapatkan kabar buruk jelang hadapi Vietnam pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F. Duel tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 21 Maret 2023.

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Pertandingan itu sangat penting bagi pasukan Shin Tae-yong yang belum pernah menang dalam dua laga. Kemenangan menjadi harga mati untuk menjaga harapan lolos ke ronde ketiga.

Akan tetapi, jelang pertandingan tersebut ada kabar buruk untuk Timnas Indonesia yaitu terancam tidak dapat diperkuat oleh kiper FC Dallas, Maarten Paes.

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

Maarten Paes merupakan pemain yang saat ini sedang digenjot proses naturalisasinya oleh PSSI beserta beberapa pemain keturunan lainnya seperti Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen.

Jika proses ini selesai sebelum Maret 2024, ada kemungkinan Paes dan ketiga pemain lainnya bisa memperkuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pemerintah Instruksikan Seluruh Pemda Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Namun kabar buruknya, pengamat sepakbola Tanah Air, Ronny Pangemanan menyebut hal itu agak sulit. Dia menyebut, PSSI kini sedang mengebut proses Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, sedangkan Paes diprediksi baru selesai Juni mendatang.

"PSSI sedang fokus bagaimana mendapatkan pemain-pemain top seperti Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Maarten Paes dan Nathan Tjoe, agar semua bisa dimainkan untuk menghadapi Vietnam, termasuk Irak dan Filipina," kata Bung Ropan di akun youtubenya.

"Itu yang menjadi target utama PSSI, enggak ada pemain-pemain lain di luar nama-nama yang sudah saya sebut. Sekarang selesaikan dulu apa yang belum terselesaikan. Thom Haye yang paling penting, Ragnar dan Maarten Paes yang masih sulit,” lanjut mantan manajer Persija Jakarta ini.

“Konon kabarnya, Maarten Paes baru bisa main bulan Juni. Karena yang digenjot sekarang tiga, Nathan, Thom Haye dan Ragnar,” katanya.

Kualitas dan pengalaman Paes memang sangat dibutuhkan Timnas Indonesia yang memburu enam poin kontra Vietnam. Apalagi di satu sisi, posisi penjaga gawang di Timnas Indonesia masih belum ada pemain yang pasti.

Pelatih Shin Tae-yong kerap mengganti-ganti si pemain nomor satu. Di antara Nadeo Argawinata, Ernando Ari, hingga Syahrul Trisna.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya