Heboh Kartu Biru di Sepakbola, Pernah Diterapkan di Turnamen Gagasan Prabowo Subianto

Menpora Apresiasi Nusantara Open 2023 Gagasan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Nusantara Open

Jakarta – Heboh muncul kartu biru dalam sepakbola. Kartu biru ini tidak akan langsung diterapkan di level kompetisi tertinggi.

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

Ini akan menjadi pertama kalinya sejak diperkenalkannya kartu kuning dan kartu merah di Piala Dunia 1970. Meskipun Kartu Biru akan digunakan, akan tetapi hal tersebut masih dalam tahap pengkajian dan uji coba.

Penggunaan Kartu Biru sama dengan olahraga rugby. Pemain yang mendapatkan kartu tersebut akan dikeluarkan lapangan selama 10 menit sebelum bisa memasuki lapangan kembali. Hal tersebut dikenal dengan aturan sin bin.

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Ternyata peraturan kartu biru dan sin bin ini pernah diterapkan di turnamen sepakbola U-17 Nusantara Open 2023. Bukan kartu biru, masih kartu kuning namun ada aturan sin bin yang digunakan dalam turnamen yang digagas Prabowo Subianto tersebut.

"Dalam turnamen ini kami membawa misi edukasi terutama terkait aturan Sin Bin, di mana pemain yang terkena kartu kuning itu dia keluar sementara, bisa digantikan oleh yang lain, dan selanjutnya boleh bermain lagi," kata Kepala Pertandingan Nusantara Open 2023 Jaelani dalam acara Talkshow & Drawing Nusantara Open 2023 di Komplek Akademi Sepakbola Garudayaksa, Bogor.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Konferensi pers Nusantara Open 2023

Photo :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menjadikan turnamen Nusantara Open 2023 sebagai momentum berbagi pengetahuan terkait regulasi Sin Bin dari EPA PSSI.

Ia menjelaskan, aturan Sin Bin yang diterapkan berupa hukuman penalti 3 menit bagi pemain yang membuat pelanggaran tertentu akan diusir keluar lapangan sejenak, sebelum boleh kembali ke lapangan.

Aturan ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pemain yang melanggar dan pelatih untuk mengevaluasi permainan sehingga tidak mengulangi pelanggaran lagi dalam permainan selanjutnya.

Ada sedikit perbedaan mengenai peraturan sin bin di Nusantara Open dan peraturan kartu biru. Dalam sin bin di Nusantara Open pemain keluar sementara 3 menit, sedangkan untuk kartu biru pemain keluar lapangan selama 10 menit.

Nusantara Open digelar pada 14-21 Desember 2023. Persib Bandung U-17 mempertahankan gelar juara usai menekuk Bhayangkara FC 1-0 di partai final.

Masih Uji Coba

Terkait kartu biru, FIFA masih akan melakukan tahap uji coba. Jadi belum diterapkan di kompetisi tertinggi seperti Premier League, LaLiga dan Serie A.

Casemiro dapat kartu merah saat Manchester United vs Galatasaray

Photo :
  • AP Photo/Dave Thompson

"FIFA ingin mengklarifikasi bahwa laporan tentang penggunaan 'Kartu Biru' di level sepakbola elit adalah tidak benar dan terlalu cepat untuk menerapkan peraturan tersebut," bunyi pernyataan FIFA.

"Uji coba menggunakan kartu biru walaupun diterapkan harus dari tingkat sepakbola paling rendah. Jika hal tersebut berhasilkan maka akan menjadi pertimbangkan untuk diterapkan di kompetisi elit," lanjut pernyataannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya