Rahasia Widodo Angkat Arema FC dari Jurang Degradasi

Persikabo 1973 vs Arema FC
Sumber :
  • Dok. Arema FC

VIVA – Perlahan tapi pasti Arema FC mampu keluar dari zona degradasi. Kehadiran Widodo Cahyono Putro sebagai pelatih kepala mampu mengubah wajah Singo Edan. 

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Arema FC yang sebelumnya terjebak di zona degradasi kini mulai beranjak meninggalkan zona merah. Singo Edan berada diperingkat 15 dengan 30 poin. Posisinya memang belum aman, namun keluar dari zona degradasi sedikit memberikan kepercayaan diri para pemain. 

Dari segi taktik, Widodo mampu mengubah gaya permainan Singo Edan. Dia menyiapkan banyak taktik dengan memanfaatkan tim analis yang dimiliki Arema FC. 

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

"Tentunya kami juga ada tim analis. Jadi kami memungkinkan taktikal itu bisa menyesuaikan dengan taktikal lawan. Saat away kita harus bagaimana jadi kita tidak hanya menyiapkan satu taktikal," kata Widodo.

Sedangkan dari segi non teknis, dia mampu membangun kekompakan Dedik Setiawan Cs. Kehadiranya bak membangkitkan semangat pemain Arema FC yang sebelumnya bermain kurang gairah. 

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Dia mampu menumbuhkan sikap saling respek antar pemain. Nuansa kekeluargaan yang dia bangun terbukti mampu membawa Singo Edan bangkit hingga keluar dari zona degradasi. 3 laga mampu dia sapu dengan kemenangan. 

"Tetapi yang terpenting adalah semangat pemain harus dijaga. Semangat pemain dan kebersamaan maka timbul respek saling membantu. Yang (pemain) salah mungkin bisa dikasih semangat intinya saling support jadi itu adalah kunci utama kami. Dan selama ini itu yang kami bangun sudah 3 match terbukti dengan memenangkan pertandingan," ujar Widodo. 

Ujian berikutnya adalah melawan Bhayangkara FC. Duel antara Singo Edan melawan The Guardians bakal digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Rabu, 6 Maret 2024. 

Sementara itu, pemain Arema FC, Rifad Marasabessy mengatakan, bahwa persiapan tim sejauh ini berjalan dengan baik. Widodo telah mempersiapkan taktik untuk melawan Bhayangkara. Tekad para pemain adalah kembali meraih 3 poin demi menjaga catatan kemenangan di 3 laga terakhir. 

"Alhamdulillah dari segi taktik kita sudah diberitahu oleh pelatih. Dan kita tetap semangat dan selalu menjaga motivasi. Semoga pertandingan besok sukses meraih 3 poin," tutur Rifad

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya