Erick Thohir Jawab Sindiran Vietnam soal Timnas Indonesia Banyak Keturunan Belanda

Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Ketiua Umum PSSI, Erick Thohir buka suara terkait sindiran gelandang Vietnam, Do Duy Manh kepada Timnas Indonesia. Dia merasa bingung dengan skuad Garuda, yang didominasi pemain-pemain keturunan Belanda.  

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final

Sindiran ini diucapkan Do Duy Manh jelang laga antara Timnas Indonesia melawan Vietnam pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret.

Banyaknya pemain keturunan di skuad Timnas Indonesia untuk melawan Vietnam, disebut Do Duy Manh, bahan ledekan di ruang ganti The Golden Star. 

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

"Melalui informasi pers, saya mengetahui bahwa tim Indonesia melakukan naturalisasi hingga 11 pemain untuk persiapan pertandingan ini. Mereka juga punya banyak pemain yang bermain di luar negeri dengan keahlian bagus," kata Manh, dilansir dari media Vietnam Toui Tre. 

"Indonesia selalu menjadi tim yang tidak mudah dilawan dengan gaya bermainnya yang garang dan agresif. Kini ada rombongan yang masuk lagi ke Tanah Air secara massal. Terkadang kami saling meledek karena tidak tahu apakah kami akan bermain melawan tim Indonesia atau Belanda," sambungnya. 

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Terkait hal itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir buka suara. Dia menyebut, Vietnam mungkin bingung karena Timnas Indonesia saat ini sudah bagus. Erick menyebut, hal ini sama ketika Indonesia bingung mengapa Vietnam bagus dalam 5-6 tahun belakangan ini.

"Mungkin mereka bingung kenapa Indonesia di bawah kepemimpinan ini semakin bagus. Sama ketika kita melihat Vietnam, mungkin 5-6 tahun lalu kita juga bingung, kok mereka bagus," kata Erick kepada wartawan, Kamis 14 Maret 2024.

"Sama-sama bingung. Yang penting hasil nanti. Tidak apa-apa, orang kita juga pernah bingung sama mereka karena bagus sekali. Masa kita tidak boleh juga membuat mereka bingun," ujarnya, menambahkan.

Timnas Indonesia menghadapi Vietnam berkekuatan 28 pemain. Memang, dari 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk laga ini, 11 di antaranya merupakan pemain naturalisasi atau yang punya darah keturunan Indonesia. 4 pemain bahkan baru dinaturalisasi dan mendapat panggilan perdana.
 
28 Pemain Timnas Indonesia Vs Vietnam


Penjaga Gawang: Nadeo Argawinata, Muhamad Riyandi, Adi Satryo.

Belakang: Nathan Tjoe-A-On, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Rizky Ridho, Edo Febriansah, Asnawi Mangkualam, Wahyu Prasetyo, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, Justin Hubner, Pratama Arhan.

Gelandang: Thom Haye, Jay Idzes, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Ivar Jenner.

Penyerang: Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya