RD Sebut Poin Penting Pembinaan Sepakbola Nasional

Rahmad Darmawan (tengah).
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Pembenahan menyeluruh sektor pembinaan dan pengembangan potensi muda sepertinya menjadi salah satu kunci untuk bangkitnya sepakbola nasional. Hal itu pula yang harus diemban PSSI usai lepasnya sanksi FIFA guna meningkatkan prestasi.

Rahmad Darmawan: Persib Bandung Tim yang Berbahaya

Meski demikian, harus diakui pula masih banyak pekerjaan rumah lain yang mesti dilakukan demi terciptanya sumber daya manusia (SDM) bidang sepakbola yang berkualitas di Tanah Air. Di antaranya adalah tersedianya deretan pelatih-pelatih lokal yang mumpuni dalam mengembangkan ilmu dan teknik bermain bagi pemain muda.

Komentar tersebut diungkapkan oleh mantan pelatih tim nasional U-23, Rahmad Darmawan. Menurut coach RD, figur pelatih yang baik mutlak diperlukan dalam misi membangun kemajuan prestasi jangka panjang.

Jadi Tim Musafir, Rahmad Darmawan Berharap Tak Jadi Kendala untuk Barito Putera

Sebab, bagi pria berpangkat Mayor marinir ini tak bisa selamanya Indonesia hanya tergantung dengan keberadaan pelatih-pelatih asing, terlebih lagi dalam upaya pemerataan pembinaan usia muda di seluruh daerah di Tanah air.

Atas dasar itu pula, RD berpendapat perlunya suatu sistem yang mengatur pola untuk membina para pelatih lokal agar memiliki ilmu dan kemampuan yang sepadan untuk bisa menjadi pilar penebar pengetahuan sepakbola yang benar.

Ada Legenda Persib Bandung, Ini 6 Pemain Timnas Indonesia Nyaleg di Pemilu 2024

"Beri kesempatan untuk pelatih ikut kursus-kursus kepelatihan dan buat workshop setiap tahun dengan mendatangkan pelatih berkualitas. Serta yang paling penting beri kepercayaan seperti pelatih asing diberi kepercayaan," ujar coach RD kepada VIVA.co.id.

"Di samping itu pelatih lokal juga harus punya motivasi meng-upgrade kemampuan mereka dengan belajar dari segala hal, berita, internet, buku-buku sport science, video dan lainnya. Tumbuhkan semangat untuk jangan cepat puas atas pencapaiannya," tegasnya.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan Bersyukur Barito Putera Imbangi Persib Bandung

Barito Putera kembali mencatatkan hasil imbang saat menjamu Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024 di Stadion Sultan Agung, Bantul,

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024