Anindya Bakrie Siap Memberi Perubahan Besar pada Oxford United

Anindya Bakrie menyaksikan duel Oxford United di Kassam Stadium.
Sumber :
  • instagram.com/anindyabakrie/

VIVA – Calon pemilik baru Oxford United, Anindya Novyan Bakrie, bersiap memberi perubahan besar pada calon klubnya tersebut. Pertama-tama, dia berencana memindahkan klub kasta ketiga Inggris itu ke stadion baru yang belum mau diungkapkan lokasinya.

Ganas, Oxford United Catat Rekor Kemenangan Terbesar

Pengusaha asal Indonesia itu dalam waktu dekat akan mengakuisisi saham mayoritas dari pemilik sebelumnya asal Thailand, Sumrith Thanakarnjanasuth. Sebelumnya, Anindya memegang saham minoritas sebagai anggota dewan.

Kesepakatan ini, yang masih menunggu persetujuan dari Liga Sepak Bola Inggris, akan menjadikan Oxford United sebagai klub dengan kepemilikan mayoritas Indonesia pertama di Inggris Raya.

Oxford United Tak Terkalahkan dalam 5 Pertandingan Terakhir

Anindya Bakrie kunjungi Oxford United

Photo :
  • Twitter | @anindyabakrie

"Saya sangat senang, tetapi pada saat yang sama, sangat terhormat. Kami telah terlibat selama tiga tahun terakhir sebagai investor minoritas. Menjadi investor mayoritas datang dengan tanggung jawab untuk bekerja sama dengan tim manajemen, anggota dewan lainnya, investor, dan tentu saja para penggemar," kata Anindya dikutip BBC.

Drama 6 Gol Lawan Wigan Athletic, Oxford United Kembali ke Zona Playoff

"Saya melihatnya lebih sebagai apa yang bisa kami lakukan untuk Oxford United untuk membuat semua orang bangga," lanjut dia.

Proyek Pergantian Stadion

Proyek pergantian stadion, diungkapkan Anindya, berdasarkan masa sewa lahan saat ini akan berakhir pada 2026 mendatang. Namun, perpindahan dari Kassam Stadium menuju lokasi baru harus sesuai dengan peraturan dan persetujuan pemerintah setempat, termasuk operator liga.

"Oxford (sebagai kota) memiliki ambisi sendiri untuk menjadi netral karbon sebelum 2050 dan kami harus mendukungnya. Teknologinya memadai dan masyarakat sangat menginginkannya," kata Anindya.

Anindya Bakrie.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

"Dari sisi finansial yang berkelanjutan terbilang masuk akal. Tapi, juga dari sisi keberlanjutan lingkungan, kami juga bisa membuat perbedaan," tutur dia.

"Kami perlu bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pusat untuk mengidentifikasi lahan yang tepat dan perencanaan yang tepat untuk memastikan kami melibatkan masyarakat sebanyak mungkin. Tapi, kita perlu berbicara dengan orang-orang yang telah melakukannya sebelumnya untuk memastikannya berkelanjutan," tambahnya.

Untuk diketahui, pemilik Oxford sebelumnya asal Thailand itu mengambil alih kepemilikan klub ini pada 2018 silam.

Bakrie sendiri sempat menyaksikan aksi Oxford United pada akhir pekan lalu bersama sesama anggota dewan Horst Geicke dan pengusaha yang berbasis di Vietnam Barry Winters.

Andai nanti telah mengakuisisi kepemilikan Oxford, Anindya menargetkan promosi ke Divisi Championship dalam dua tahun. Menteri BUMN, Erick Thohir, juga ikut terlibat dalam konsorsium ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya