Kalah Adu Penalti, MU Disingkirkan Middlesbrough di Piala FA

Para pemain Middlesbrough merayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@EmiratesFACup

VIVA – Manchester United menjamu Middlesbrough dalam pertandingan putaran keempat Piala FA 2021/22 di Old Trafford, pada Sabtu 5 Februari 2022, dini hari WIB. Di laga tersebut, MU dipaksa angkat koper dari Piala FA musim ini usai kalah dalam babak adu penalti.

Bruno Fernandes Bicara Masa Depannya Bersama Manchester United

Selepas kick off, MU langsung mendominasi jalannya permainan dengan melancarkan sejumlah tekanan. Sementara itu, Middlesbrough bermain defensif sambil sesekali mencoba melakukan serangan balik.

Pertandingan memasuki menit ke-19, MU mendapat kesempatan untuk unggul setelah wasit menghadiahi mereka penalti akibat Paul Pogba dilanggar di kotak terlarang. Namun, eksekusi yang diambil Cristiano Ronaldo gagal membuahkan gol.

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Coventry City

Gol yang dinanti MU pun baru terwujud pada menit ke-25. Adalah Jadon Sancho yang sukses mencatatkan namanya di papan skor dengan sontekannya usai memaksimalkan umpan silang dari Bruno Fernandes.

Selepas gol tersebut, MU semakin nyaman dalam menguasai bola. Akan tetapi, hingga paruh pertama berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. MU mampu mengamankan keunggulan 1-0 atas Middlesbrough.

Manchester United Main Seperti Tim Kompetisi Kasta Kedua

Usai jeda, MU tetap tampil dengan tempo cepat seperti di babak pertama. Sementara itu, Middlesbrough coba meningkatkan intensitas serangan mereka demi menyamakan skor.

Perubahan strategi yang dilakukan Middlesbrough pada pertengahan babak kedua sempat membuat MU kerepotan. Beberapa kali para pemain Middlesbrough mampu mengirim ancaman ke area pertahanan tuan rumah.

Puncaknya pada menit ke-64, Middlesbrough berhasil menyamakan kedudukan. Menyambut umpan Duncan Watmore, Matt Crooks yang berdiri tanpa pengawalan sukses menceploskan bola ke dalam gawang MU yang dikawal Dean Henderson.

Dalam waktu yang tersisa di babak kedua, MU terus menggempur pertahanan Middlesbrough. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi tambahan yang tercipta. Kedudukan 1-1 harus puas diterima kedua kubu.

Akibatnya, pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di babak ini, MU berusaha tampil lebih ofensif, sedangkan Middlesbrough bermain taktis agar tidak kebobolan dengan cepat.

Sayangnya, dari setiap serangan yang dibangun oleh kedua tim, tidak ada yang berbuah gol. Hingga 2 kali menit 15 menit berlangsung, skor 1-1 tidak berubah.

Pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti. Middlesbrough mendapat kesempatan pertama untuk melakukan eksekusi. Patrick McNair berhasil menjalankan tugasnya sempuna.

Kemudian, penendang pertama MU, Juan Mata sukses menyamakan kedudukan. Sayangnya, Middlesbrough kembali unggul setelah Martin Poyero selaku penendang kedua berhasil mengeksekusi bola dengan baik.

Harry Maguire yang bertindak sebagai eksekutor kedua berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Begitu pun, penendang ketiga Middlesbrough, Jonny Howson yang membuat mereka kembali unggul.

Fred sukses membuat MU menyamakan skor di babak tos-tosan. Namun, Marcus Tavernier membuat Middlesbrough kembali unggul. Kemudian, Cristiano Ronaldo membalas dan membuat skor adu penalti menjadi 4-4.

Lalu, penendang kelima masing-masing tim, Sol Bamba dan Bruno Fernandes sama-sama menjalankan tugasnya dengan baik sehingga pemenang dalam pertandingan ini belum juga keluar.

Eksekutor keenam dan ketujuh dari masing-masing tim sama-sama berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Namun, saat memasuki penendang kedelapan, eksekutor MU Anthony Elanga gagal memasukkan bola, sedangkan penendang Middlesrough berhasil melakukannya dengan baik.

Atas kegagalan Elanga memasukkan bola, Middlesbrough dipastikan melaju ke babak selanjutnya setelah memangkan duel adu penalti dengan skor 8-7. Sementara itu, MU harus puas mengakhiri Piala FA musim ini dengan lebih cepat.

Susunan pemain

Manchester United: Dean Henderson (PG); Diogo Dalot, Raphael Varane (Phil Jones 91'), Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay, Paul Pogba (Fred 82'); Marcus Rashford (Anthony Elanga 82'), Bruno Fernandes, Jadon Sancho (Juan Mata 100'); Cristiano Ronaldo.

Middlesbrough: Joe Lumley (PG); Anfernee Dijksteel, Dael Fry, Patrick McNair; Isaiah Jones (Sol Bamba 118'), Matt Crooks (Martín Payero 79'), Jonny Howson, Marcus Tavernier, Neil Taylor (Lee Peltier 91'); Andraz Sporar (Aaron Connolly 91'), Folarin Balogun (Duncan Watmore 62').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya