Perjalanan Wataru Endo, dari J League Hingga Liverpool

Wataru Endo gabung Liverpool
Sumber :
  • Liverpool

VIVA – Liverpool telah resmi mengumumkan Wataru Endo menjadi rekrutan mereka, Jumat malam WIB 18 Agustus 2023. Pemain asal Jepang itu dibeli dari VfB Stuttgart.

Liverpool Tertahan, Perburuan Gelar Sisakan Arsenal dan Man City?

Wataru Endo menjadi pemain pilihan manajer Liverpool, Juergen Klopp untuk lini tengah. Dari sekian banyak nama yang sempat dikaitkan dengan tim berjuluk The Reds, akhirnya Endo yang terpilih.

Meski sudah berusia 30 tahun, namun Liverpool mengklaim memberi kontrak panjang kepada Wataru Endo. Nomor punggung 3 akan jadi miliknya di The Reds.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Wataru Endo saat main di Stuttgart

Photo :
  • twitter.com/wataru0209

"Liverpool telah sepakat untuk mendatangkan Wataru Endo dari VfB Stuttgart dengan kontrak jangka panjang. The Reds memberikan nomor punggung 3 kepadanya," demikian keterangan resmi klub.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

"Pemain internasional Jepang itu akan jadi rekrutan ketiga The Reds di musim panas ini setelah menyelesaikan persyaratan pribadi dan berhasil menyelesaikan tes medis."

"Endo akan mengenakan jersey nomor punggung 3 untuk klub dan dia menantikan untuk mulai babak baru dalam karier di Anfield."

Endo memulai karier profesionalnya pada 2011. Ketika itu dia dipromosikan ke skuad Shonan Bellmare senior dari U-18. Lima tahun dia bermain di sana, lalu pindah ke Urawa Red Diamonds.

Performanya bersama Urawa Reds menarik perhatian klub Belgia, Sint-Truiden yang memboyongnya di bursa transfer musim panas 2018.

Setahun berselang, Sint-Truiden meminjamkannya ke VfBStuttgart. Karena merasa puas, pada 2020, manajemen klub Bundesliga membelinya.

Tiga tahun Wataru Endo bermain untuk Stuttgart, total 133 dia catatkan. Sumbangannya 15 gol dan 12 assist. Karena performa yang konsisten, Liverpool dibuat kepincut olehnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya