Banyak Drama Tottenham Vs Chelsea, Postecoglou: VAR Tak Membantu Sepakbola

Tottenham Hotspur vs Chelsea
Sumber :
  • AP Photo/David Cliff

Inggris – Duel Tottenham vs Chelsea yang tersaji di Tottenham Stadium dalam lanjutan Premier League, Selasa dini hari WIB 7 November 2023 berlangsung sengit. Tuan rumah harus menyerah dengan skor 1-4.

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham

Tottenham Hotspur unggul lebih dulu lewat gol Dejan Kulusevki pada menit keenam. Tim berjuluk The Lillywhites harus bermain dengan 10 orang karena Cristian Romero diganjar kartu merah.

Chelsea menyamakan kedudukan pada menit 35 lewat penalti Cole Palmer. Kedudukan imbang dan unggul jumlah pemain membuat skuad asuhan Mauricio Pochettino bersemangat.

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

Tottenham Hotspur vs Chelsea

Photo :
  • AP Photo/David Cliff

10 menit babak kedua, petaka kembali mendatangi tuan rumah. Mereka harus kehilangan Destiny Udogie yang diganjar kartu merah oleh wasit.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Chelsea semakin leluasa. Mereka terus menekan, dan berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Nicolas Jackson mencetak hattrick untuk membuat The Blues menang.

Pertandingan ini diwarnai banyak drama. Tidak cuma soal kartu merah, tapi juga adanya empat momen wasit menganulir gol setelah memantau video assistant referee (VAR).

Marc Cucurella, Duel Tottenham Hotspur vs Chelsea

Photo :
  • Twitter: Tottenham Hotspur

Manajer Tottenham, Ange Postecoglou mengungkap rasa kecewa akan pertandingan ini. Dia dengan tegas menyebut VAR tidak membantu dalam sepakbola.

"Saya sudah mengatakan sebelumnya, saya tidak menyukainya. Saya tidak suka berdiri di sekitar. Saya tidak suka seluruh teater menunggu keputusan," kata Postecoglou, dikutip dari Tribal Football.

Sebagai juru taktik dia tak bisa berbuat banyak. Karena selama ini dia merasa sendirian sebagai orang yang merasa VAR serta teknologi dalam sepakbola tak memberi dampak positif.

"Tapi saya tahu bahwa saya berada di hutan belantara dengan itu. Saya sendirian. Selama 26 tahun saya selalu siap menerima keputusan wasit, baik atau buruk.," tutur Postecoglou.

"Saya mengalami beberapa hal mengejutkan dalam karier saya. Izinkan saya memberi tahu Anda. Saya juga sudah melakukan beberapa hal, tapi saya mengatasinya karena saya cuma ingin permainan itu dimainkan," imbuhnya.

Justru dengan adanya VAR, kerap kali kontroversi berlanjut usai pertandingan. Semua orang melakukan analisa, kemudian yang dirugikan tak mendapat manfaat. Karena hasil pertandingan akan sama saja.

Duel Tottenham Hotspur vs Chelsea

Photo :
  • Twitter: Tottenham Hotspur

"Setiap kami mengeluh tentang keputusan setiap pekan, inilah yang akan terjadi. Jika orang-orang akan memeriksa segala sesuatu secara forensik untuk memastikan bahwa mereka yakin itu benar, dan bahkan pada akhirnya kita masih tidak bahagia," ujarnya.

Pria berusia 58 tahun itu justru menganggap penggunaan VAR dan teknologi lainnya dalam sepakbola cuma mendegradasi wibawa wasit saat memimpin pertandingan.

"Menurut saya itu cuma menghilangkan wibawa wasit. Adan tidak dapat mengatakan kepada saya bahwa wasit mengendalikan permainan, karena sebenarnya mereka tidak mengendalikan permainan. Kendalinya ada di luar itu, tapi begitulah permainan berjalan, jadi Anda harus menerima dan coba menghadapinya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya