Langgar Perjanjian Iklan, Selebgram Dituntut Ratusan Juta Rupiah

Postingan Instagram.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selebriti Instagram atau selebgram Luka Sabbat dituntut perusahaan konsultan iklan sebesar US$45 ribu atau Rp680 juta karena dituduh melanggar perjanjian iklan. Mengutip situs Ubergizmo, Jumat, 2 November 2018, Sabbat dituding telah gagal mempromosikan Snap Spectacles, produk di bawah PR Consulting Inc.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Menurut perusahaan tersebut, Sabbat seharusnya memposting tiga iklan di dalam fitur Stories-nya dan sebuah foto di Feed Instagram, di mana ia akan menggunakan perangkat produk atau kacamata. Namun, Sabbat hanya memposting satu Stories dan satu foto di dalam akunnya.

Sebelum meng-upload, Sabbat tidak terlebih dahulu meminta persetujuan perusahaan periklanan tersebut. Lalu, pelanggaran selanjutnya yang dilakukan Sabbat adalah selama Pekan Mode Paris Fashion Week, ia tidak menggunakan produk Snap Spectacles saat berfoto di depan umum.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Selain meminta ganti rugi sebesar Rp680 juta yang mereka bayarkan untuk kembali, perusahaan iklan itu juga meminta US$45 ribu tambahan sebagai biaya kerusakan. Sabbat bukanlah selebriti pertama yang dituntut oleh perusahaan karena gagal mempromosikan produk.

Tapi mungkin dia bukanlah orang terakhir yang mendapat masalah. Baru-baru ini juga terjadi insiden di mana seorang selebriti Rusia digugat produsen perangkat elektronik Korea Selatan, Samsung, karena menggunakan iPhone. Padahal ia seharusnya mempromosikan salah satu smartphone anyar Samsung.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Platfrom media sosial Instagram selain digunakan untuk penggunaan pribadi terkadang juga digunakan sebagai media periklanan. Perusahaan yang mempekerjakan selebgram untuk mempromosikan produknya terkadang mempunyai cara yang lebih alami. Biasanya mereka akan mengiklan dengan jalan yang lebih sederhana, seperti menggunakan atau memakai produk di publik. (ase)

Selena Gomez.

Selena Gomez Pilih Rehat dari Sosial Media, Ternyata Ini Alasannya

Selena Gomez, wanita dengan pengikut terbanyak di Instagram menjelaskan mengapa meninggalkan platform media sosial adalah keputusan terbaik yang dia buat demi kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024