Logo DW

Hutan Purba Terakhir Lagi Diteliti, Penuh Rahasia Seperti Planet Asing

Hutan Purba di Rumania.
Hutan Purba di Rumania.
Sumber :
  • dw

Di Lembah Boia Mica, Rumania terletak salah satu hutan purba terakhir di Eropa. Setiap tahun, sebuah kelompok penelitian kecil berangkat untuk mempelajari lebih lanjut tentang alam liar yang masih asli ini.

Tiga jam perjalanan dengan mobil dari kota metropolitan Sibiu di Rumania, terletak sebuah lembah berhutan yang mungkin paling cantik dan luas di Eropa.

Bagi para peneliti, di sini terpendam harta karun yang jarang ditemukan, seperti batuan mulia, dan penuh rahasia seperti planet asing.

Sebuah dunia yang tak tersentuh, terlindung dari jamahan tangan manusia. Inilah lembah Boia Mica. Martin Mikolas, seorang peneliti kayu dan perhutanan, menjelaskan keunikan tempat ini.

“Boia Mika sangat spesial karena ini satu dari lembah terakhir di zona beriklim sedang, di mana tidak ada jalan setapak. Benar-benar liar dan sulit diakses,” ucapnya.

Para ilmuwan dari Universitas Praha, Republik Ceko sejak 5 tahun lalu rutin datang ke lembah terpencil yang merupakan lokasi penelitian yang ideal. Lebih dari 1.000 hektare alam yang tak tersentuh, dari lembah sampai puncaknya, merupakan daerah yang sangat jarang ditemukan di Eropa.

Lebih dari 95 persen hutan Eropa adalah hutan komersial buatan. Siapa yang ingin mengerti bagaimana hutan alamiah berfungsi, harus mendatangi lokasi seperti lembah Boia Mica.