Pantai Ngrenehan, Legenda dan Wisata Unik Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan, Gunungkidul, Yogyakarta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pantai Ngrenehan merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul, Jogja yang letaknya cukup tersembunyi serta memiliki keindahan panorama luar biasa.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Deretan pantai yang terdapat di provinsi Yogyakarta memang seolah tiada habisnya untuk dijelajahi lebih dan lebih. Pantai Ngrenehan menyimpan panorama alam yang tak kalah indah dengan pantai lain yang berada di Yogyakarta.

Awalnya pantai ini bukan merupakan tempat wisata, melainkan tempat pelelangan ikan. Selain itu pantai ini juga digunakan para nelayan sekitar sebagai bersandarnya kapal-kapal nelayan usai mengarungi lautan untuk mencari ikan.

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Secara geografis terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk mencapai lokasi dari pantai eksotis ini, wisatawan harus menempuh setidaknya 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja. Pantai ini kurang lebih 54 kilometer dari pusat Kota Jogja. Lokasi dari pantai ini juga tak jauh dari Pantai Nguyahan dan Pantai Ngobaran.

Rekomendasi Destinasi Liburan Lebaran untuk Keluarga, 4 Wisata Pantai Menawan di Tanjung Lesung

Mengulik informasi lebih lanjut lagi, Viva memberikan informasi Pantai Ngrenehan yang semakin memantapkan mu untuk mengunjungi pantai ini, sebagai berikut:

Sejarah Unik Nama Pantai Ngrenehan

Keindahan Pantai Ngrenehan.

Photo :
  • http://kanaljogja.com

Terdapat sebuah kisah yang berkaitan dengan penamaan pantai yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul tersebut. Konon nama pantai ini merupakan persembahan dari Raden Fatah yang merupakan seorang raja dari Kerajaan Demak.

Cerita bermuka tersebut ketika Raja Brawijaya V yang merupakan ayah dari Raden Fatah serta Raja Kerajaan Majapahit melaporkan diri ke pesisir selatan Pulau Jawa. Saat itu Kerajaan Majapahit tengah mengalami kehancuran sedangkan agama Islam tengah berkembang pesat di Pulau Jawa.

Raja Brawijaya V yang menolak untuk masuk Islam, diri sendiri ke pantai selatan Pulau Jawa bersama salah satu anaknya yang bernama Bondan Kejawan serta dua orang istrinya. Tak hanya itu, Raja Brawijaya V memilih untuk diambil sendiri karena menghindari peperangan dengan anaknya sendiri yaitu Raden Fatah.

Raden Fatah pun memanfaatkan seluruh pasukannya untuk mencari ayah hingga sampailah beliau ke pantai ini. Ternyata, Raja Brawijaya yang merupakan ayah tidak berada di pantai tersebut. Akhirnya Raden Fatah mengajak para petinggi Kerajaan Demak untuk bermusyawarah tanggal bagaimana menemukan ayah tersebut.

Nuansa Pantai Ngrenehan

Terhampar pasir putih nan lembut di seluruh bibir pantai. Tempat wisata ini memiliki luas pantai yang bisa dikatakan cukup sempit, hanya sekitar 100 meter persegi saja. Meskipun demikian, hal ini sama sekali tak mengurangi kecantikan dari pantai yang langsung berinteraksi dengan laut selatan tersebut.

Lokasi dari Pantai Ngrenehan sendiri terbilang unik. Pantai ini diapit oleh dua tebing karang kokoh dan cukup tinggi di sisi kanan dan kiri. Kedua tebing tersebut menjorok ke laut dan berlimpah sehingga tampak hijau, seolah menambah pemandangan di pantai ini. Kondisi tersebut membuat pantai ini tampak seperti teluk kecil jika dilihat dari ketinggian.

Air laut yang terdapat di Pantai Ngrenehan tergolong sangat jernih, berwarna biru kehijauan. Sehingga memungkinkan para wisatawan melihat dasar laut dari atas permukaan air.

wisatawan juga dapat menemukan kapal-kapal nelayan berjejer rapi tengah di parkir di tepi pantai. Pantai ini memang digunakan para nelayan sekitar sebagai tempat bersandar kapal sepulangnya melaut. Terdapat pula pelelangan ikan di pantai ini.

Jika datang di pagi hari, wisatawan dapat membeli ikan segar dari tempat pelelangan dengan harga yang jauh lebih murah.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Pantai Ngrenehan merupakan pantai yang indah dan kamu dapat melakukan aktivitas kegiatan sebagai berikut:

1. Berenang

kamu dapat berenang, serta bermain pasir sepuasnya di pantai yang eksotis ini. Jika masih belum puas, kamu dapat naik di atas bukit yang terdapat didekat pantai untuk melihat pemandangan Pantai Ngrenehan dari ketinggian.

Kamu akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa dari bukit tersebut. Pasir putih yang membentang, dengan lautan biru, serta angin sejuk yang berhembus akan menyenangkan berlama-lama di pantai ini.

2. Melihat Sunset

Jika datang di sore hari, kamu juga akan disajikan dengan pemandangan matahari tenggelam yang indah di pantai ini. Pantai ini juga masih sepi pengunjung, karena tak banyak wisatawan yang mengetahui lokasi dari pantai ini.

Menikmati indahnya matahari terbenam di pinggir pantai yang masih asri dan alam, menciptakan suasana romantis yang sayang untuk dilewatkan.

3. Wisata Kuliner

Selain menawarkan keindahan panorama alam, Pantai Ngrenehan juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk wisata kuliner. Terdapat banyak warung berjejer rapi di dekat pantai ini yang bisa kamu pilih. Warung-warung tersebut menyajikan berbagai makanan yang menggugah selera.

Menu andalan dari warung-warung tersebut tentu adalah olahan seafood seperti ikan bakar, ikan goreng, kepiting dll. Setelah puas menikmati pemandangan di Pantai Ngrenehan, Anda dapat berwisata kuliner di warung-warung tersebut. Kamudapat menikmati hidangan seafood yang menggoyang lidah sambil menikmati indahnya pantai.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Tempat wisata Pantai Ngrenehan, wisatawan domestik atau asing yang dikenakan biaya sebesar 3.000 rupiah saja per orang. Harga tersebut sudah termasuk untuk memasuki kawasan wisata Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

Fasilitas pendukung yang ada di tempat wisata ini dapat dikatakan cukup memadai. Terdapat kamar mandi, serta tempat parkir yang cukup luas.

Pantai Ngrenehan juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang dapat ditemukan di warung-warung sekitar lokasi pantai. Warung-warung tersebut menjajakan olahan seafood seperti ikan bakar plus sambal yang menggoda selera.

Nah, itu infromasi yang dapat Viva berikan kepada kamu, semoga bermanfaat ya!

Grand Elty Krakatoa

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Grand Elty Krakatoa, salah satu Hotel & Resort dengan pemandangan terbaik di Lampung, menawarkan promo khusus Halal Bihalal.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024