Nasib Threads Makin Tragis

Threads.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Nasib dari pesaing X, Threads terlihat semakin tragis. Pasalnya dua firma analisis data terpisah mengatakan bahwa jumlah pengguna yang masuk setiap hari di aplikasi turun drastis, hanya sebulan setelah dirilis.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Similarweb, platform kecerdasan digital menunjukkan bahwa pengguna aktif harian Threads berkisar sekitar 49 juta hanya dua hari setelah diluncurkan. Pada 1 Agustus, jumlah itu telah mencapai lebih dari 9,6 juta. 

Data menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan untuk aplikasi di semua pasar yang tersedia memuncak pada 6 Juli sekitar 14 menit sehari, tetapi waktu itu telah dipotong menjadi hanya 2-3 menit pada 1 Agustus.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

David Carr memberi tahu bahwa waktu keterlibatan hanya berdasarkan data pengguna AS yang sedikit lebih menguntungkan untuk Threads, tetapi tidak banyak. 

Aplikasi pernah mencapai puncaknya pada 20 menit sehari, tetapi sekarang tetap stabil sekitar 3 menit untuk pengguna AS, melansir dari situs Gizmodo, Senin, 14 Agustus 2023.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Menurut firma riset pasar Sensor Tower, jumlah pengguna aktif harian di Threads turun 82 persen dari saat aplikasi diluncurkan, periode 5 Juli hingga 31 Juli.

Aplikasi saingan Twitter milik Meta, Threads.

Photo :
  • The Verge

Menurut Sensor Tower, aplikasi tersebut memanfaatkan sekitar 44 juta DAU (pengguna aktif harian) pada puncaknya karena semakin banyak orang mencari alternatif Twitter yang sebenarnya. 

Lalu pada akhir bulan, itu turun tajam sekitar 8 juta pengunjung. Perusahaan mengatakan bahwa DAU turun sekitar 1 persen setiap hari. Data Sensor Tower juga menyebutkan bahwa keterlibatan turun menjadi hanya 2,9 menit sehari dibandingkan dengan 19 menit sebelumnya di bulan Juli.

Threads diketahui memegang rekor sebagai platform dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah aplikasi, mencapai 100 juta pendaftaran pengguna kurang dari seminggu setelah peluncuran.

Data SensorTower sendiri menunjukkan bahwa itu masih menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di Android dan iOS. Meta telah menambahkan fitur yang banyak diminta, seperti umpan Mengikuti. 

Aplikasi ini masih kehilangan fitur yang menjadi ciri khas Twitter seperti fungsi pencarian yang dapat menemukan topik serta pengguna, topik yang sedang tren, dan pesan langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya