Kiat Gunakan Shareloc WhatsApp untuk Obrolan Individu atau Grup

WhatsApp.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Pengguna WhatsApp kerap menggunakan fitur berbagi lokasi atau yang kerap disingkat menjadi shareloc (share location) untuk menemukan satu sama lain saat tengah melakukan pertemuan di suatu tempat.

Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

Lokasi terkini memungkinkan pengguna berbagi lokasi real-time selama periode waktu tertentu dengan seseorang yang mereka kehendaki atau bahkan untuk grup.

Pengguna dapat mengendalikan bagaimana dan berapa lama ingin berbagi lokasi terkini. Mereka juga dapat berhenti berbagi lokasi terkini kapan saja. 

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

Setelah dihentikan atau periode waktu yang dipilih berakhir, lokasi terkini tidak lagi dibagikan. Pengguna yang dibagikan lokasi terkini akan tetap dapat melihat lokasi yang dibagikan sebagai gambar mini statis dan dapat mengetuk gambar tersebut untuk melihat lokasi terakhir yang diperbarui.

Fitur ini terenkripsi secara end-to-end, yang berarti tidak seorang pun dapat melihat lokasi terkini kecuali pengguna yang Anda bagikan. Berikut cara membagikan shareloc untuk pengguna WhatsApp, baik device iPhone maupun Android, dikutip dari blog WhatsApp pada Senin, 18 September 2023.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

WhatsApp.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

1. Aktifkan izin lokasi untuk WhatsApp di Pengaturan telepon dengan mengetuk Privasi > Layanan Lokasi > WhatsApp > Selalu. Alternatif lainnya, buka Pengaturan telepon > WhatsApp > Lokasi > Selalu.

2. Buka chat individual atau grup.

3. Ketuk Lampirkan > Lokasi > Bagikan Lokasi Terkini.

4. Pilih periode waktu yang diinginkan untuk berbagi lokasi terkini. Lokasi terkini akan berhenti dibagikan setelah periode waktu yang dipilih berakhir.

5. Sebagai opsi, user dapat menambahkan komentar.

6. Terakhir, ketuk tombol kirim.

Cara berhenti membagikan lokasi terkini di chat individual atau grup tertentu.

1. Buka chat individual atau grup di mana Anda telah berbagi lokasi terkini.

2. Ketuk Berhenti Bagikan. 

Berhenti berbagi lokasi terkini di semua chat individual atau grup.

1. Buka Pengaturan WhatsApp > Privasi > Lokasi Terkini.

2. Ketuk Berhenti Bagikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya