Gurita Dumbo 'Hantu' Meluncur di Laut Dalam

Gurita laut dalam.
Sumber :
  • www.pixabay.com/CSITDMS

VIVA Tekno – Dalam sebuah ekspedisi kendaraan bawah laut yang dikendalikan dari jarak jauh di Hawaii, Amerika Serikat (AS), berhasil merekam seekor gurita dumbo berenang dengan siripnya yang menyerupai telinga di dekat dasar laut. Makhluk putih pucat ini adalah salah satu gurita yang hidup paling dalam di Bumi.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Para peneliti yang menjelajahi gunung bawah laut di laut dalam Hawaii baru-baru ini menemukan seekor gurita dumbo 'hantu' yang langka — salah satu gurita yang hidup paling dalam di Bumi — mengepakkan siripnya yang besar seperti telinga saat berenang di dekat dasar laut, seperti yang terungkap dalam video baru.

Spesies octopus dumbo yang tidak teridentifikasi, dari genus Grimpoteuthis, terlihat pada 13 September oleh para peneliti di atas Exploration Vessel "Nautilus" milik Ocean Exploration Trust (OET).

Kisah Mistis di Pergudangan Ngagel Surabaya, Ada Sosok Medon Bersuara Mirip Burung

Tim peneliti sedang menjelajahi sebuah gunung bawah laut di utara Papahānaumokuākea Marine National Monument (PMNM) — salah satu kawasan lindung laut terbesar di dunia — menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) di kedalaman sekitar 5.500 kaki (1.675 meter) saat mereka menemukan cephalopoda putih pucat tersebut.

Gurita laut dalam.

Photo :
  • Youtube
Menguak Serba Serbi yang Melekat pada Legenda Kuyang

Rekaman video dari penyelaman, yang disiarkan langsung secara online, menunjukkan gurita dumbo perlahan mendorong dirinya melalui air dengan siripnya yang seperti telinga hanya beberapa meter di atas dasar laut.

Bentuk pergerakan yang tidak biasa ini sangat mirip dengan gajah terbang Dumbo, dari film Disney klasik, yang mengilhami nama gurita ini. "Oh, lihat telinga yang mengepak!" salah satu peneliti berseru selama komentar umpan langsung.

"Saya sangat senang kita bisa melihat makhluk cantik ini," tambah yang lain, "Saya belum pernah melihatnya sebelumnya", ungkap peneliti lainnya, seperti dikutip dari situs Live Science.

Ada 15 spesies gurita dumbo dalam genus Grimpoteuthis, yang merupakan kelompok gurita penghuni laut paling dalam yang diketahui — sebagian besar hidup lebih dalam dari 13.100 kaki (4.000 meter), menurut nirlaba konservasi laut Oceana.

Makhluk-makhluk ini menghabiskan sebagian besar hidup mereka dengan melayang di dasar laut untuk mencari mangsa mereka. Gaya berenang gurita dumbo sangat berbeda dengan kebanyakan cephalopoda lainnya, yang menggunakan organ seperti corong yang disebut siphon untuk bergerak dengan menyemburkan air.

Kelompok ini juga berbeda karena memiliki lengan berselaput dan betinanya dapat menyimpan sperma untuk membuahi telurnya di lain waktu, menurut Oceana. Karena jarang bertemu predator, gurita dumbo tidak memiliki kantung tinta dan memiliki kemampuan kamuflase yang berkurang.

Geger penampakan seekor gurita mirip alien.

Photo :
  • Live Science

Gurita dumbo terbesar yang pernah ditemukan berukuran 5,9 kaki (1,8 meter) panjangnya, menurut Oceana. Tetapi sebagian besar individu memiliki panjang antara 8 hingga 12 inci (20 hingga 30 centimeter). Tidak jelas seberapa besar gurita dalam video baru tersebut.

Karena habitat laut dalam mereka, gurita dumbo jarang terlihat di alam liar dan sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang mereka berasal dari penampakan ROV dan individu yang terseret ke permukaan dalam jaring ikan.

Pada 2020, para ilmuwan melihat seekor gurita dumbo di kedalaman sekitar 22.800 kaki (6.950 meter) di Palung Jawa — bagian terdalam dari Samudera Hindia. Ekspedisi Nautilus lainnya merekam seekor dumbo di dekat Monterey Canyon, di lepas pantai California di 2018.

Pada tahun yang sama, ekspedisi National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menangkap video pertama dari anak gurita dumbo di Atlantik tengah. Di 2021, para peneliti menamai spesies baru gurita dumbo, emperor dumbo (Grimpteuthis imperator), yang ditemukan di dekat gunung bawah laut di Samudra Pasifik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya