Apakah Yoga Bisa Menurunkan Berat Badan? Berikut Penjelasannya

Ilustrasi olahraga yoga.
Sumber :
  • Pexels

VIVA Tekno – Semakin banyak orang mulai mengintegrasikan yoga ke dalam rutinitas kebugaran mereka, bukan hanya karena manfaat kesehatan dan kebugarannya, tetapi juga karena klaim bahwa yoga dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi, apakah benar yoga bisa membuat berat badan turun?

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Yoga memang tidak secara langsung mengakibatkan penurunan berat badan seperti olahraga kardio intensif seperti jogging atau bersepeda. Namun, yoga dapat menjadi bagian dari rencana penurunan berat badan yang sehat karena memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Sebuah studi dari tahun 2017 yang dilakukan oleh Healthline, melaporkan bahwa pelatihan mindfulness memiliki manfaat positif jangka pendek terkait makan impulsif atau pesta makan berlebihan dan aktivitas fisik. Tidak ada pengaruh signifikan terhadap penurunan berat badan secara langsung, namun diperkirakan bahwa penurunan berat badan dikaitkan dengan latihan mindfulness dalam jangka waktu yang lebih lama. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperluas temuan ini.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Ilustrasi Yoga

Photo :
  • vstory

Apalagi, karena kamu disarankan untuk tidak berlatih yoga dengan perut kenyang, kemungkinan besar kamu akan membuat pilihan makanan sehat sebelum melakukan yoga. Setelah sesi yoga, kamu juga mungkin lebih menginginkan makanan segar yang belum diolah. Kamu juga dapat belajar mengunyah setiap gigitan dengan lebih teliti dan makan lebih lambat, yang dapat mengurangi konsumsinya.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Selain itu, berikut beberapa cara yoga dapat mendukung penurunan berat badan:

1. Pembakaran Kalori: Beberapa jenis yoga, seperti Vinyasa atau Power Yoga, dapat membakar kalori dengan menggabungkan gerakan fisik yang intensif dengan pernapasan. Meskipun tidak seefektif olahraga kardio dalam membakar kalori, yoga tetap dapat membantu membakar beberapa kalori dan meningkatkan metabolisme.

2. Kesadaran Makanan: Seperti dibahas di atas, praktik yoga sering kali menekankan kesadaran diri dan perasaan. Ini dapat membantu kamu menjadi lebih sadar terhadap makanan yang kamu konsumsi, mengurangi makan berlebihan, dan mempromosikan pola makan yang lebih sehat.

3. Pengurangan Stres: Yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Ini dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan sebagai respons terhadap stres atau emosi negatif.

4. Peningkatan Kekuatan dan Fleksibilitas: Praktik yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh kamu. Hal ini dapat membuat kamu lebih aktif dalam aktivitas fisik lainnya, yang pada gilirannya dapat membantu dalam penurunan berat badan.

5. Kualitas Tidur: Yoga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu, yang penting untuk penurunan berat badan yang sehat. Tidur yang baik dapat membantu mengatur hormon-hormon yang berperan dalam pengaturan berat badan.

Namun, penting untuk diingat bahwa penurunan berat badan yang efektif biasanya memerlukan kombinasi antara pola makan sehat dan aktivitas fisik yang sesuai. Jadi, jika tujuan kamu adalah penurunan berat badan, maka selain yoga, kamu juga perlu mempertimbangkan aspek lain dari gaya hidup sehat, seperti mengatur pola makan kamu dan melibatkan diri dalam aktivitas fisik yang lebih intens.

Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai program penurunan berat badan apapun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya