Geger Ular Raksasa Terekam Lemas Gegara Terjebak, Netizen: Tolongin

Ular Raksasa.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Belum lama ini bereda video yang memperlihatkan kemunculan ular raksasa yang terlihat lemas di media sosial. Video itu diunggah oleh akun Instagram @.gembolo.id dan viral:

Sebagian Angkutan Barang Tak Bisa Masuk Sumbar Periode Libur Idul Fitri, Cek Jadwalnya

Terlihat di dalam video yang dibagikan , seekor ular jenis piton atau sanca kembang (python reticulatus) terlihat sedang lemas karena terjebak tali tambang di sebuah kandang ternak. Ular itu tampak berupaya keras melepaskan tali tambang yang menjerat lehernya.

Viral Emak-emak Banting Ular Piton Ukuran Besar Gegara Ternaknya Sering Hilang Misterius

Ular Raksasa

Photo :
  • Istimewa

Jebakan tali tambang itu diduga sengaja dipasang warga yang geram hewan ternaknya kerap hilang diduga jadi mangsa sang predator menakutkan itu.

Dulu Dihindari, Kini Selandia Baru Banyak Diminati Wisatawan

"Ularnya gede banget dijebak tambang itu karena makan ternak warga mungkin," tulis caption video yang diunggah akun Instagram.

Tidak diketahui kapan dan di mana lokasi temuan ular piton berukuran super besar itu, di dalam video hanya menjelaskan nama Sukosari:

“di Sukosari ada ular besar boss.” Tulis keterangan yang tersemat di dalam video.

Video yang memperlihatkan kejadian ular raksasa terjerat tali dan lemas itupun menuai beragam komentar netizen:

Serem banget, ngerik di makan kalo lagi berdiri di deket ular itu.” Tulis netizen dalam kolom komentar.

Tolongin Bang, kasian.” Ujar netizen lainnya.

Tips Mencegah Ular Masuk ke Rumah

1. Tutup Lubang Rumah

Bentuk tubuh ular yang ramping dan licin membuatnya mudah masuk melalui lubang-lubang kecil yang ada di rumah, seperti lubang pembuangan air dan lubang ventilasi. Lubang-lubang ini kecil ini memang diperlukan agar air dapat dialirkan ke pembuangan dan sirkulasi udara di dalam rumah baik.

Oleh sebab itu, sebaiknya pasang jaring-jaring yang tetap memungkinkan air maupun udara untuk mengalir, namun dapat menghalangi ular untuk masuk ke dalam rumah. Selain itu berhatika bagian rumah seperti geting, plafon, genteng, dinding, dan bagian lain yang mungkin berlubang. Segera tutup lubang tersebut untuk mencegah ular masuk ke rumah, lubang-lubang ini juga dapat menjadi sarang ular.

2. Bersihkan Area Rumah Secara Rutin

Cara mencegah ular masuk rumah selanjutnya adalah dengan membersihkan area rumah secara rutin. Area rumah yang kotor dan lembab menjadi tempat favorit bagi ular. Menjaga rumah tetap bersih dan kering dapat mencegah ular untuk masuk ke dalam rumah.

3. Pangkas Tanaman dan Rumput yang Terlalu Rimbun

Selain bagian dalam rumah, area halaman juga dapat menjadi alasan ular masuk ke dalam rumah. Rumput atau tanaman yang rimbun menjadi tempat tinggal yang menyenangkan bagi ular. Memangkas rumput dan tanaman yang rimbun dapat menjadi mencegah ular masuk rumah yang efektif.

4. Tanaman yang Tidak Disukai Ular

Sereh, jeruk, marigold, lidah mertua,dan kaktus merupakan jenis tanaman yang tidak disukai oleh ular. Ular tidak menyukai bau yang menyengat seperti yang dikeluarkan oleh tanaman sereh, jeruk, dan marigold. Sedangkan, lidah mertua dan kaktus tidak disukai oleh ular karena teksturnya yang berduri dan tajam.

5. Letakan Barang dengan Aroma Menyengat

Seperti sudah dijelaskan, ular tidak menyukai aroma yang menyengat. Lidah ular yang berfungsi sebagai sensor serupa indra penciuman sangat sensitif dengan aroma yang menyengat. Aroma yang terlalu kuat diterjemahkan sebagai tanda bahaya oleh sistem pertahanan ular.

Menebar kapur barus di sudut-sudut ruangan atau maupun di kolong yang kurang mendapat pencahayaan dapat menjadi cara mencegah ular masuk rumah yang efektif. Selain itu menyemprotkan cuka, maupun meletakkan rempah dengan aroma yang kuat juga dapat menjadi cara yang ampuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya