Hewan Pemburu Terbaik dan Terburuk

Ilustrasi hewan rusa.
Sumber :
  • Pixabay/rainhard2

Jakarta – Dunia hewan penuh dengan pemangsa dan dimangsa, dengan beberapa pemangsa yang merupakan pembunuh luar biasa.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Akan tetapi, ada banyak cara untuk menangkap mangsa dan banyak cara untuk mendefinisikan apa yang membuat predator itu sukses.

Jadi, Hewan Manakah yang Benar-benar Merupakan Pemburu Terbaik?

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Ilustrasi indra hewan.

Photo :
  • http://4muda.com
Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Ini adalah pertanyaan yang cukup rumit, menurut Mark Belk, ahli ekologi evolusi di Brigham Young University. "Ada begitu banyak ekologi dan biologi evolusioner yang menarik yang terkait dengan pertanyaan sederhana ini," katanya kepada Live Science.

"Predasi ternyata adalah perekat yang menyatukan semuanya - begitulah cara energi melewati ekosistem." Lanjutnya.

Cara yang paling jelas untuk mendekati pertanyaan tentang kehebatan berburu adalah dengan mempertimbangkan tingkat tangkapan hewan - berapa kali seekor hewan berhasil mendapatkan makanan dari semua upaya kolektifnya.

Berdasarkan metrik ini, sebenarnya bukan spesies yang paling sering kita kaitkan dengan perburuan - seperti singa, harimau, serigala, dan predator besar lainnya - yang paling sukses. Singa berhasil membunuh sekitar 30% dari waktu, sementara harimau hanya berhasil sekitar 10% dari waktu.

Sebaliknya, capung yang relatif terabaikanlah yang mendapatkan gelar tersebut. Serangga ini, bersama dengan sepupu mereka, lalat perampok, memiliki tingkat penangkapan hingga 97%, dan mereka dapat memakan ratusan nyamuk dalam sehari.

Keberhasilan mereka sebagian berasal dari penglihatan mereka yang luar biasa. Capung dan kerabatnya memiliki mata majemuk yang memberikan mereka penglihatan hampir 360 derajat, dan otak mereka mampu memproses informasi sensorik dengan sangat cepat, sehingga mereka dapat memprediksi ke mana mangsa akan bergerak.

Hal itu karena mereka dapat menggerakkan sayap depan dan sayap belakang secara independen, capung adalah penerbang yang mahir dan bahkan dapat terbang mundur.

Tetapi ada definisi lain tentang keberhasilan berburu, kata Belk. Biasanya, para pemburu terbagi dalam satu dari dua kelompok: hewan yang secara aktif mengejar dan menyerang mangsanya, dan hewan yang berbaring menunggu, mengandalkan kesabaran untuk mendapatkan makanan. Dalam hal efisiensi, sesuatu seperti ular piton besar mungkin layak mendapatkan mahkota, kata Belk.

Ilustrasi ular piton.

Photo :
  • Pixabay

"Ular besar seperti itu bisa duduk di satu tempat dan menunggu dan menunggu dan menunggu dan menunggu. Dan akhirnya, ketika hewan yang tepat datang, mereka akan menangkapnya dan membunuhnya," kata Belk.

"Untuk ular-ular besar ini, hal itu mungkin hanya terjadi dua atau tiga kali dalam setahun." Sambungnya.

Cara lain untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan mempertimbangkan kemampuan beradaptasi sebagai ukuran keterampilan. Jason Fisher, seorang ahli biologi satwa liar di University of Victoria di Kanada, mengatakan bahwa coyote kemungkinan besar adalah pemenang di sini, karena mereka mampu berburu sendirian atau dalam kelompok dan berpesta dengan segala sesuatu mulai dari anak rusa hingga tikus.

Fleksibilitas mereka telah membantu mereka berkembang di sebagian besar habitat, termasuk kota-kota manusia. "Memahami sumber daya apa yang tersedia untuk Anda dan mengeksploitasinya membuat mereka menjadi pemangsa yang luar biasa," kata Fisher, seraya menambahkan bahwa coyote unggul dalam "memanfaatkan apa pun yang ada."

Jika tidak, beberapa spesies sangat inovatif sehingga sulit untuk tidak menganggap mereka sebagai pemenang. Ikan pemanah - ikan tropis yang berasal dari hutan bakau di Asia Tenggara - dapat menilai jarak antara dirinya dan serangga yang hinggap di atas daun dari bawah air, dan kemudian menjatuhkannya dengan menggunakan semburan air yang diarahkan dengan hati-hati.

Pada jarak 65 cm atau kurang, bidikan mereka hampir 100% akurat. Gurita juga sukses berburu di luar habitat aslinya: Selain menggunakan kamuflase legendaris mereka, cephalopoda ini dapat mendarat untuk beberapa saat untuk mengejar mangsa.

Dan hewan apa yang merupakan pemburu terburuk? Fisher mengatakan bahwa, dalam beberapa hal, itu adalah pertanyaan yang lebih sulit untuk dijawab.

Setiap spesies yang berburu, menurut definisi, adalah spesies yang berhasil, karena dapat mempertahankan diri sebagai sebuah populasi. Namun dalam hal keanehan, Fisher mengatakan kepada Live Science bahwa dia memilih wolverine, yang dianggap sebagai pemburu tapi bergantung pada pemulungan selama masa paceklik.

"Bentuknya sangat aneh, dan strateginya aneh," kata Fisher, seraya menambahkan bahwa wolverine berburu dengan cara mendekat ke wajah mangsanya dan menakut-nakuti mereka dengan teriakan dan suara-suara keras lainnya. "Mereka pada dasarnya mengatakan, 'Jika berhasil, itu bagus, dan jika tidak, saya kurang beruntung,'" katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya