Uniknya Absensi di SMP Kristen Ambon, Bisa Langsung Terkoneksi ke WA Orangtua

Ilustrasi siswa dan siswi SMP.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Absensi siswa di sekolah tentu menjadi hal penting yang tidak diboleh dilewati sebelum pelajaran dimulai. Seperti kita tahu, absensi dilakukan untuk mempermudah para guru mengetahui data kehadiran para siswa-siswi yang hadir di dalam kelas.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Pada umumnya, untuk mengetahui kehadiran siswa di sekolah dilakukan secara manual alias dipanggil secara satu per satu.  Namun, di zaman teknologi yang semakin maju dan pesat ini untuk mengetahui kehadiran siswa tak melulu dilakukan dengan cara manual atau panggil nama satu per satu.

Seperti yang dilakukan oleh SMP Kristen Ambon, Maluku ini. Canggihnya penggunaan teknologi rupanya turut dihadirkan untuk mengetahui kehadiran para siswanya di kelas.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Diketahui dari unggahan akun TikTok @fino_ahmal belum lama ini salah satu SMP Kristen Ambon menghadirkan teknologi canggih untuk mengecek kahadiran murid satu-persatu.

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

SMP Kristen Ambon ini diketahui menggunakan absensi yang berbeda daripada sekolah pada umumnya. Dengan teknologi canggih, mereka menerapkan sistem absensi barcode yang bisa terhubung langsung ke  WhatsApp (WA) orangtua siswa.

Tak hanya itu, berbeda dengan mayoritas sekolah pada umumnya yang biasanya menggunakan absensi sidik jari maupun dipanggil secara satu per satu, sekolah di Ambon ini justru menggunakan kartu yang dimiliki masing-masing siswa dan siswi.

Dalam video tersebut, nampak terlihat beberapa siswa dan siswi yang secara bergantian menempelkan kartu ke arah sensor absensi. Video absensi yang dilakukan para siswa-siswi SMP Kristen Ambon ini pun menuai banyak komentar baik positif hingga negatif.

Reaksi warganet

Sontak saja, unggahan video absensi yang dilakukan para siswa-siswi SMP Kristen Ambon ini pun menuai banyak komentar baik positif hingga negatif.

"Fingerprint untuk mengurangi kebohongan atau kebolosan..tapi keren sih zaman digital memang harus mengikuti kemajuan zaman," tulis warganet.

"absen tidak bisa titip ke teman karena di awasi guru piket & osis," timpal lainnya.

"inovasi luar biasa y! Kepsek dan para gurunya salut. bravo," tandas lainnya.

"itu masih bisa dititipin
paling valid pake absen muka," kata pengguna lainnya.

"absen tidak bisa titip ke teman karena di awasi guru piket & osis," tulis lainnya.

"Skolahan ank sy gk prnh ada yg bolos,mlh rugi kl absen gk masuk skolah,SMP swasta fav dsolo,KBM sdh pakk Hp,dkls pk Ac,sbulan skali ambl rapot," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya