Indosat Tidak Mau Menyia-nyiakan Momentum

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi global di ajang Mobile World Congress atau MWC, Barcelona, Spanyol pada 26-29 Februari 2024.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Operator telekomunikasi ini menggandeng Cisco dan Huawei. Dengan Cisco, IOH ingin memperkenalkan layanan security edge terbaru yang menawarkan peningkatan kontrol keamanan dan pencegahan proaktif terhadap ancaman siber.

Melalui kolaborasi tersebut, Indosat Ooredoo Hutchison dan Cisco berupaya memberikan solusi keamanan siber bagi pelaku bisnis di Indonesia, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), guna meningkatkan ketahanan digital dan postur keamanan usaha mereka.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Kemitraan strategis ini juga memberi kesempatan bagi IOH, melalui anak perusahaannya, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta), untuk memanfaatkan solusi keamanan siber dari Cisco di Indonesia.

Solusi tersebut meliputi Extended Threat Detection and Response (XDR), Security Services Edge (SSE), Email Security, dan Multifactor Authentication. Indosat berencana menyediakan solusi ini melalui skema Managed Services yang dirancang khusus untuk pelaku bisnis di Indonesia, terutama UKM.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Di tengah minat yang meningkat dari pelaku bisnis di seluruh dunia terhadap XDR, termasuk Indonesia, solusi keamanan siber ini menawarkan deteksi ancaman, investigasi, dan respons yang komprehensif di berbagai lapisan keamanan.

XDR mengintegrasikan berbagai produk keamanan dan sumber data untuk memberikan penggunanya pandangan yang lebih kohesif dan holistik mengenai postur keamanan mereka.

Solusi tersebut memungkinkan pengguna melindungi bisnisnya dari ancaman siber yang canggih secara lebih efektif dengan menghilangkan silo yang biasanya ada antara perangkat dan tim keamanan siber yang berbeda.

Sementara SSE mengintegrasikan beberapa fungsi keamanan menjadi layanan cloud untuk melindungi pengguna dan infrastruktur dari ancaman siber.

Solusi yang dihadirkan melalui cloud yang berdasarkan prinsip zero trust menawarkan pengalaman pengguna yang aman dan perlindungan akses dari perangkat apa pun ke mana pun.

Hal itu membantu memastikan bahwa keamanan tidak terikat pada lokasi fisik namun didasarkan pada identitas pengguna dan akses mereka terhadap sumber daya, di mana pun mereka berada atau perangkat apa yang mereka gunakan.

Ini menjadi sangat penting dalam lingkungan bisnis modern. Adapun bersama Huawei, kedua belah pihak sepakat bahwa AI telah menjadi pendorong kemajuan teknologi global saat ini dan gelombang transformasi industri.

AI juga memiliki pengaruh besar pada transformasi industri serta kehidupan manusia. AI akan membawa perkembangan pesat penggunaan internet dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Ekonomi digital akan menjadi pilar penting, di mana konstruksi cloud dan AI akan memegang peran kunci dalam pengembangan digital menuju visi Indonesia Emas 2045.

IOH bersama Cisco.

Photo :
  • Dok. IOH

"Kolaborasi dengan Cisco dan Huawei tidak hanya meningkatkan kemampuan kami dalam mengantisipasi insiden keamanan, tetapi juga memdemokratisasi digitalisasi di Indonesia. Komitmen kami tidak hanya sebatas menjaga keamanan siber, namun memaksimalkan tawaran layanan dengan memanfaatkan ekosistem AI dan cloud," kata Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, Rabu, 28 Februari 2024.

President, Asia-Pacific, Japan, and Greater China at Cisco, Dave West, mengatakan jika pelaku bisnis di Indonesia saat ini beroperasi dalam model hybrid yang dipicu oleh pandemi Covid-19, di mana karyawan dapat bekerja dari beberapa perangkat, di berbagai lokasi, terhubung ke berbagai jaringan, dan mengakses bermacam-macam aplikasi, serta tersambung ke pelbagai cloud.

Kondisi ini meningkatkan risiko keamanan siber bagi perusahaan karena mereka harus memastikan keamanan semua orang setiap saat, tanpa dapat memprediksi dari mana dan kapan saja mereka akan login.

"Kami berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik yang dapat membantu mengatasi risiko keamanan siber di tengah pesatnya perkembangan ekosistem bisnis," paparnya.

President of Global Marketing and Sales Service Dept of Huawei Cloud Computing, Jacqueline Shi, mengaku bangga atas kolaborasi bersama Indosat Ooredoo Hutchison. Ia menyadari bahwa Indonesia menuju masa depan transformatif digital.

Oleh karena itu, ia berkomitmen untuk senantiasa menggagas inovasi dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

"Upaya bersama kami menandakan visi bersama untuk memanfaatkan kekuatan AI dan cloud computing, mendorong pertumbuhan dan peluang di berbagai industri," jelas dia.

IOH bersama Huawei.

Photo :
  • Dok. IOH

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya