Makhluk Langit Akan Menyapa Umat Muslim di Hari Pertama Puasa Ramadan

Ilustrasi pengamatan hilal/bulan dalam kalender hijriah.
Sumber :
  • Ist

VIVA Tekno – Maret 2024 akan menjadi istimewa. Karena, beberapa fenomena langit yang menarik diperkirakan terjadi bulan ini.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Mulai dari Bulan sabit termuda (hilal), sebagai penanda awal Ramadan 1445 Hijriah sampai kedatangan Asteroid 2024 DAI.

Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Minggu hari ini, 10 Maret 2024.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Keputusan sidang isbat akan diambil mengacu hasil pantauan atau rukyatul hilal yang digelar di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Sedangkan, Pengurus Pusat atau PP Muhammadiyah sebelumnya sudah memutuskan penetapan 1 Ramadan pada Senin besok, 11 Maret 2024.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Hilal adalah Bulan sabit termuda yang menjadi penentu bagi awal bulan kalender Ramadan (bulan kesembilan) dalam kalender 1445 Hijriah.

Di Indonesia diperhitungkan akan setinggi negatif 0,5 derajat hingga positif 0,5 derajat pada saat Matahari terbenam. Nah, uniknya, pada hari pertama puasa Ramadan atau 11 Maret, Bumi akan dilewati 'makhluk' langit.

Asteroid 16 Psyche.

Photo :
  • SWNS

Yang dimaksud makhluk langit di sini bukan alien atau sejenisnya, melainkan Asteroid 2024 DAI. Benda luar angkasa tersebut memiliki diameter 49 meter dan tergolong asteroid dekat-Bumi kelas Apollo sehingga memiliki orbit yang bisa bersinggungan dengan orbit Bumi.

Asteroid ini akan melintas dekat Bumi dalam jarak 9 kali lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan atau setara 3,6 juta kilometer. Asteroid 2024 DAI tidak memiliki potensi untuk bertabrakan dengan Bumi, setidaknya hingga satu abad ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya