Deretan Negara dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia, Ini Posisi Indonesia

Ilustrasi jam tangan.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Durasi puasa Ramadan tidak seragam di setiap negara. Di beberapa negara, seperti di sini, waktu puasa Ramadan berlangsung kurang dari 13 jam. Ibadah puasa dimulai dari waktu adzan Subuh hingga adzan Magrib.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Setiap negara di dunia memiliki variasi durasi waktu puasa yang unik. Beberapa negara mengalami puasa yang sangat panjang, melebihi 17 jam sehari, seperti di Greenland dan Islandia.

Di sisi lain, terdapat negara-negara dengan puasa yang lebih singkat, kurang dari 13 jam sehari. Berikut adalah tiga kota di dunia dengan durasi puasa terpendek, berdasarkan data yang diperoleh dari Gulf News:

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • inmagine
Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Puerto Montt, Chili: 12 jam 44 menit

Puerto Montt adalah kota terbesar di wilayah Los Lagos, Chili. Kota ini terletak di pantai Pasifik, di sebelah selatan Santiago, ibu kota Chili.

Puerto Montt berada di belahan bumi selatan, yang sedang mengalami musim gugur saat Ramadhan. Ini menjadi faktor penyebab waktu puasa menjadi lebih singkat dan termasuk yang terpendek di dunia.

Christchurch, Selandia Baru: 12 jam 46 menit

Kota di Pulau Selatan, Selandia Baru ini terkenal dengan taman-taman, sungai, dan gereja-gerejanya. Christchurch juga berada di belahan bumi selatan, yang juga sedang mengalami musim gugur saat Ramadhan.

Nairobi, Kenya: 13 jam 15 menit

Selanjutnya adalah Nairobi, ibu kota Kenya, negara di Afrika Timur. Kota ini merupakan pusat bisnis, budaya, dan politik di kawasan tersebut. Nairobi berada di kawasan tropis, yang memiliki perbedaan waktu siang dan malam yang tidak terlalu besar sepanjang tahun di mana memberikan pengaruh pada lamanya waktu berpuasa.

Indonesia, 13 Jam

Peta indonesia tiga zona waktu.

Photo :

Sementara itu, Indonesia juga termasuk ke daftar negara yang memiliki durasi puasa terpendek dengan waktu sekitar 13 jam. Durasi berpuasa di Indonesia kurang lebih sama dengan wilayah Nairobi di Kenya.

Itu juga dipengaruhi letak Indonesia yang merupakan negara di garis khatulistiwa, sehingga durasi berpuasanya cenderung lebih singkat. Meskipun durasi puasa berbeda-beda di setiap negara, namun semangat dan ketaatan dalam menjalankannya tetap sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya