Menhub Sebut Banyak Kaum Muda yang Tak Terduga Idenya

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi salut akan kreativitas kaum muda Indonesia, yang bertarung di ajang Kompetisi Innovation Challenge 2020 yang diadakan oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Relawan Ajak Kaum Muda Terus Dukung Prabowo-Gibran: Tetap Jaga Persatuan dan Solidaritas

Acara tersebut diselenggarakan pada akhir pekan kemarin, dan dari ratusan peserta dipilih 20 tim pada katerori Idea dan kategori Prototype dengan beragam latar belakang.

“Saya sebagai Menhub bangga dengan acara ini, di mana IKA ITS dan ITS telah memberikan sarana bagi innovator baru. Dan ternyata, pada event ini banyak sekali temuan dan inovasi yang dilahirkan oleh pemuda Indonesia,” ujarnya, dikutip dari keterangan resmi Selasa 24 November 2020.

Diskusi Bareng Tokoh Muda, Erick Thohir: Prabowo adalah Tokoh yang ‘Genuine’

Pemenang dari kategori Prototype yaitu tim Braja Elektrik Motor sebagai juara, tim Alinamed di posisi kedua dan tim Tridiku 3D menempati urutan ketiga. Sedangkan untuk kategori Idea, juara disabet oleh tim SayurLove, diikuti tim Carigi dan tim Digipond.

Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang juga Ketua Tim Juri Innovation Challenge, Fadjar Hutomo mengatakan bahwa talenta yang terjaring dari kompetisi ini terbilang sangat berkualitas, dengan cakupan bidang yang luas dan ide yang ditawarkan juga bervariasi.

Detik-detik Kemerdekaan Indonesia, Soekarno-Hatta Diculik ke Rengasdengklok

“Proses hilirisasi yang sudah dimulai oleh ITS dan IKA ITS harus didukung oleh semua pihak, termasuk juga pemangku kepentingan. Kuncinya adalah bagaimana membangun ekosistem,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP IKA ITS, Ir Sutopo Kristianto mengungkapkan bahwa pihaknya berencana untuk membuat suatu organisasi yang berkelanjutan dengan menggandeng para pemenang.

“Lewat agenda ini, IKA ITS berusaha mendalami konsep pemrakarsaan dan konsep enterpreneurship yang merupakan gerakan baru dari ekonomi yang diinisiasi oleh alumni,” ungkapnya.

Selain kompetisi, acara juga diisi dengan penandatanganan Memorandum of Understanding serta penyerahan Medical Robot Assistant karya ITS dan Universitas Airlangga Surabaya, ke Rumah Sakit Umum Pelni Jakarta.

Photo :
  • ITS
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya