Menawan Iriana Joko Widodo Kenakan Busana Adat Buton

Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan busana adat Buton
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Lifestyle –  Penampilan ibu negara Iriana Joko Widodo pada upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara menarik perhatian masyarakat luas. Dalam acara hari ini, ibu Iriana Joko Widodo hari ini mengenakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Kaesang Sakit Hati Ibunya Iriana Dibilang Cawe-cawe Jadikan Gibran Cawapres: Mana Buktinya Sini

Terlihat ibu negara menggunakan pakaian adat Buton yang didominasi warna biru dan elemen emas pada permukaan baju tersebut. Pakaian adat yang dikenakan ibu Iriana Joko Widodo ini juga dilengkapi dengan syal biru dan emas serta ornamen gelang emas di kanan dan kiri. Serta kain songket berwarna blue navy serta kuning.

Ibu Iriana juga nampak menawan dengan menggunakan mahkota emas besar di kepalanya. Ibu Iriana Joko Widodo juga terlihat menggunakan masker berwarna biru senada dengan pakaian yang dikenakannya.

Cerita Lucu Sekpri Iriana Jokowi Selama Kawal Ibu Negara, Ada Soal Intel Nyamar Jadi Abang Ojol

Senada dengan Iriana Joko Widodo, presiden Joko Widodo diketahui menggunakan pakaian adat dari suku Buton Sulawesi Tenggara. Dalam perayaan HUT RI ke-77 Joko Widodo akan memimpin langsung upacara HUT RI di Istana Negara.

Dalam kegiatan yang digelar sejak pagi tadi, terlihat Presiden Joko Widodo menggunakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara, Dolomani. Pakaian yang dikenakan presiden itu terdiri dari baju, celana, sarung, kopiah yang dilengkapi dengan badik serta katuko atau tongkat.

Grace Natalie PSI: Hentikan Fitnah terhadap Ibu Iriana dan Keluarga Jokowi

"Ini baju dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara," kata Presiden Joko Widodo di Istana Negara kepada awak media, Rabu 17 Agustus 2022.

Diketahui Pemerintah kota Bau-bau telah mengirim pakaian adat Kesultanan Buton bernama Dolomani yang sarat filosofi kepemimpinan. Ketua Dekranas Kota Bau-bau Waode Nursanti Monianse mengatakan pakaian adat ini telah dikirim ke Istana Negara.

Pakaian Dolomani merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan dimana motifnya memiliki filosofi kepemimpinan. Salah satu corak tumbuhan yang menempel di baju dan kopiah bertuliskan maulana dalam bahasa Arab berarti pemimpin umat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya