Lewat IYFDC, Desainer Muda Indonesia Ditantang Kreasikan Budaya Betawi

Desainer muda pamer karya.
Sumber :
  • IYFDC.

JAKARTA – Desainer muda kini diberi kesempatan untuk ikut melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia dengan mengikuti kompetisi Indonesia Young Fashion Designer Competition (IYFDC).

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Dharsono menjelaskan, tema IYFDC 2024 adalah Budaya Betawi. Di mana tema tersebut, sejalan dengan tema besar Indonesia Fashion Week (IFW) 2024. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Para peserta IYFDC 2024 kami wajibkan untuk menggunakan tema budaya Betawi dalam desain busananya," kata Poppy Dharsono saat press conference di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Pemenang IYFDC 2024, kata Poppy, harus mampu merealisasikan tema dalam desain busana. Tak hanya itu, penilaian juga berkaitan dengan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan busana ready-to-wear yang sarat akan nilai budaya Betawi.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

"Penggunaan unsur kekayaan lokal juga menjadi faktor penting dalam penilaian agar sejalan dengan misi APPMI melalui IFW yaitu melestarikan dan mengembangkan kekayaan lokal di bidang fashion," papar Poppy Dharsono.

"Unsur penting lainnya adalah daya pakai serta daya jual dari produk yang dikembangkan para peserta IYFDC 2024. Bahkan poin yang tak kalah penting adalah penggunaan unsur fashion berkelanjutan," tambahnya.

Di IYFDC 2024, tercatat ada 500 pendaftar dengan total sketsa yang terkumpul sebanyak 108 karya. Proses penjurian sejatinya telah dilakukan sejak 22 Desember 2023 yaitu penjurian sketsa dan dari sana terpilih 43 peserta yang lolos ke babak semifinal.

Peserta IYFDC 2024 sendiri datang dari berbagai wilayah, tak hanya Jabodetabek. Saat ini peserta tengah berjuang di babak semifinal, yang mana mereka dituntut harus bisa merealisasikan masing-masing 2 set busana dan dipresentasikan ke hadapan para dewa juri.

Dari tahap semifinal ini, akan terpilih 20 peserta yang nantinya melaju ke babak final yang berlangsung di panggung besar IFW 2024 dengan menampilkan masing-masing 4 busana kreasi.

Perancang busana dari APPMI, Naniek Rachmat, menambahkan, pemenang akan diumumkan di runway IFW 2024. Pemenang IYFDC 2024 berkesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan di bidang fashion di Koefia Academy di Roma, Italia.

"Sementara itu, untuk juara 2, 3, dan favorit akan mendapatkan program khusus di kampus fashion ternama di Jakarta. Tentunya akan ada hadiah hiburan lainnya, seperti uang tunai hingga produk menarik," ungkap Naniek.

Dengan diselenggarakannya IYFDC 2024, Poppy Dharsono berharap terjadi peremajaan dan pertumbuhan dalam ekosistem fashion Tanah Air yang telah dibangun oleh APPMI dan IFW.

"Dengan begitu, misi pelestarian budaya yang ingin dilaksanakan dapat terus terlaksana dan dilanjutkan oleh penerus bangsa," tutup Poppy Dharsono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya