5 Langkah Mudah Agar Air Shower Tak Tersumbat

Ilustrasi keramas atau mandi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mandi dengan shower menjadi pilihan banyak orang untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Namun tak hanya itu manfaatnya, cipratan air dari shower ternyata juga bermanfaat memberi kenyamanan dan relaksasi. 

Terjadi Rembesan di Lantai Kamar Mandi Atas? Ini Cara Mengatasinya

Tapi aktivitas mandi akan terasa terganggu, jika shower ternyata memancarkan air yang tak deras alias tersendat.

Saat ini, shower memang menjadi salah satu perlengkapan mandi yang wajib ada di dalam kamar mandi Anda. Jika sering sekali tersumbat tentu aktivitas membersihkan tubuh jadi terganggu.

Baru 3 Minggu Tinggal di Kontrakan, Pria 49 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk di Kamar Mandi

Jika Anda sering mengalaminya, tidak perlu khawatir. Dilansir dari Good House Keeping, berikut ada cara mudah membersihkan shower yang tersumbat.

Ilustrasi mandi / shower

Viral WC dengan Desain Gemerlap Diskotik, Netizen: Jongkok Jedag Jedug!

1. Gunakan spons untuk membersihkan partikel-partikel kecil yang menempel pada permukaan saluran shower.

2. Jika partikel kecil telah hilang namun air masih tidak keluar dengan baik dari shower, Anda dapat menggunakan cuka putih yang dicampurkan dengan air, lalu tuangkan ke dalam plastik.

3. Masukkan permukaan shower pada larutan cuka, dan air yang telah dimasukkan ke dalam plastik lalu ikat hingga kencang, dan diamkan.

4. Setelah didiamkan selama 30 menit hingga satu jam, lepaskan kantung plastik berisi campuran cuka putih dan air.

5. Kemudian nyalakan kembali shower dengan pengaturan air panas, namun jika shower Anda tidak dilengkapi dengan pengaturan air panas dapat membilas menggunakan air panas pada permukaan shower.

Penyebab shower macet juga bisa terjadi karena banyaknya jamur yang menempel di permukaan shower. Berikut ini, juga ada cara menghilangkan jamur pada shower:

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan jamur pada shower yakni membuka seluruh saluran udara yang ada di area kamar mandi. Kemudian gunakan larutan penghilang jamur dan tuangkan pada seluruh bagian shower yang dihinggapi jamur, lalu diamkan. 

Setelah didiamkan selama 30 menit hingga satu jam gunakan spons atau sikat untuk menyikat jamur yang menempel  hingga hilang, kemudian siram dengan air hingga seluruh busa dan jamur menghilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya