MRT dan TransJakarta Rp 1, Ini 5 Tempat yang Bisa Di-explore di Jakarta

Wisatawan menikmati kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu, 20 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta – Dalam rangka merayakan ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-496, kamu dapat menggunakan TransJakarta dan Mass Rapid Transit (MRT) cuma dengan uang Rp 1. Layanan Rp 1 ini berlaku hari ini, Kamis 22 Juni 2023 mulai pukul 00.00-23.59 WIB.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Untuk kamu yang ingin coba berpetualang jelajahi Ibu Kota menggunakan transportasi umum, momen ini pas banget karen selain praktis, kamu juga tidak perlu membayar mahal. Berikut telah kami rangkum 5 destinasi kekinian yang lokasinya dekat dengan stasiun MRT dan halte TransJakarta.

1. JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Suasana hari terakhir Jakarta Fair Kemayoran.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Bertepatan dengan digelarnya Jakarta Fair 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, kamu dapat mengunjungi tempat ini Dengan menggunakan TransJakarta.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Dilansir akun resmi Instagram Jakarta Fair, tahun ini Jakarta Fair Kemayoran telah mendapat dukungan dari pihak PT TransJakarta untuk menyediakan rute khusus menuju ke JIEXPO Kemayoran. Sebanyak empat rute disediakan.

  • PGC1 - JIEXPO Kemayoran
  • Matraman Baru - JIEXPO Kemayoran
  • Pulo Gadung 1 - JIEXPO Kemayoran
  • Balai Kota - JIEXPO Kemayoran

2. Monas

Bertepatan dengan HUT Jakarta ke-496, Monas tentu akan mengadakan berbagai perayaan, diantaranya kamu tidak dikenakan tarif untuk masuk ke tugu monas, kemudian melihat video mapping yang dapat disaksikan mulai pukul 20.00 hingga 21.30. Lalu juga bisa melihat air mancur menari yang dapat disaksikan mulai 19.30-21.00.

Untuk menuju monas menggunakan MRT kamu dapat turun di stasiun Bundaran HI, kemudian bisa dilanjut dengan bus tingkat atau TransJakarta. Disarankan apabila naik TransJakarta, kamu dapat turun di halte Balai Kota agar jalan ke pintu masuk tidak terlalu jauh.

Video mapping di Tugu Monas

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

3. Kota Tua

Untuk kamu yang ingin menyaksikan beragam kesenian khas Jakarta, kamu dapat mengunjungi Kota Tua. Semua yang kamu cari akan dijumpai di Kota Tua nanti, mulai dari sajian kuliner khas, acara musik, bahkan sampai pernak-pernik khas Jakarta ada di sini.

Sejak revitalisasi Kota Tua selesai, letak halte Transjakarta Kota jadi semakin dekat dengan kawasan Kota Tua. Saat ini, letaknya ada di seberang Gedung BNI Kota Tua atau tepat di depan Stasiun Jakarta Kota, sehingga kamu hanya tinggal menyeberang untuk tiba di kawasan pejalan kaki Kota Tua.

4. Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI)

Siapa yang sangka Halte Transjakarta kini bisa dijadikan tempat nongkrong. Suasana ini bisa kamu temukan di Halte Bundaran Hotel Indonesia atau Halte Bundaran HI. Area tempat nongkrong ini terletak di lantai dua Halte Bundaran HI.

Di sini, kamu bisa berfoto dengan latar Monumen Selamat Datang serta gedung-gedung pencakar langit di sekitarnya, selain itu di sini kamu juga bisa jajan di beberapa tenant makanan dan minuman.

Sejumlah warga menikmati suasana Bundaran HI di anjungan Halte Bus Transjakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.

5. M Bloc Space

Terakhir, tempat yang bisa kamu kunjungi jika menaiki MRT atau TransJakarta adalah M Bloc Space, tempat ini biasa dijadikan wadah event seni seperti festival musik, pameran lukisan, dan sebagainya.

Apabila kamu hendak menuju ke tempat ini menaiki MRT, kamu dapat turun di stasiun Blok M, kemudian jalan kaki sekitar 700 meter. Namun, jika kamu ingin menaiki TransJakarta, kamu bisa turun di Halte Cakra Selaras Wahana (CSW), halte ini terbilang cukup instagramable untuk dijadikan spot foto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya