Ahli Beberkan Jumlah Konsumsi Kopi yang Bisa Turunkan Berat Badan, Berapa Gelas Perhari?

Ilustrasi meracik minuman kopi.
Sumber :
  • Deal Street Asia

VIVA Lifestyle – Diet dan olahraga mungkin selalu menjadi inti dari setiap strategi penurunan berat badan yang sukses, namun menurut para ahli, ada satu alat pembasmi lemak yang tidak mengharuskan kamu untuk berkeringat, namun berhubungan dengan gelas yang sering kamu gunakan saat minum kopi.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Bukan rahasia lagi bahwa kafein bisa menjadi solusi sempurna dalam perjalanan penurunan berat badan, tetapi berapa banyak yang kita butuhkan setiap hari untuk menurunkan berat badan?

Tammy Lakatos Shames, RD, CDN, CFT, dan Lyssie Lakatos, RD, CDN, CFT, juga dikenal sebagai ahli nutrisi bersertifikat The Nutrition Twins, membocorkan rahasianya dalam  artikel Eat This, Not That, dengan mengatakan bahwa 200 hingga 400 mg (itu setara dengan antara dua dan lima cangkir) perhari.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Hal ini sejalan dengan penelitian dari T.H. Chan School of Public Health yang menunjukkan bahwa empat cangkir kopi per hari dapat menurunkan lemak tubuh sekitar 4 persen.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

“Kopi mengandung kafein, yang memiliki efek termogenik dan dapat mempercepat metabolisme, membantu Anda membakar lebih banyak kalori,” kata The Nutrition Twins, melansir New York Post Health, Selasa, 6 Februari 2024. “Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat membantu menurunkan BMI, berat badan, dan lemak tubuh. Kopi juga dapat mengekang nafsu makan dan mengurangi rasa lapar.”

“Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sebelum makan dapat mengurangi kalori yang Anda makan pada waktu makan berikutnya, meskipun Anda meminum kopi hingga empat jam sebelum makan. Kopi juga mengandung asam klorogenat, yang terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat,” lanjutnya.

Namun, harus tetap perhatikan apa yang kamu tambahkan dalam kopi tersebut. “Berhati-hatilah dengan menambahkan krim, susu murni, atau gula ke dalam kopi, Anda dapat dengan mudah mengimbangi kalori yang Anda bakar dari kopi,” jelasnya.

Ilustrasi meracik minuman kopi.

Photo :
  • Deal Street Asia

Ia juga mengingatkan bahwa untuk menurunkan berat badan secara signifikan, menjaga makanan dan olahraga juga tidak boleh dilupakan, 

Faktanya, penelitian baru yang dipublikasikan di Clinical Nutrition menemukan bahwa minum secangkir kopi sehari dapat membantu menurunkan berat badan, namun jika ditambahkan satu sendok teh gula, hal itu akan menghilangkan manfaatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya