PSBB Rentan Bikin Gemuk, 4 Tips Cegah Berat Badan Naik

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Era Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memicu masyarakat harus tinggal dan aktivitas di rumah lebih sering. Tak sedikit juga yang mengonsumsi makanan cenderung lebih banyak selama di rumah.

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Banyak masyarakat yang akhirnya 'kebablasan' untuk mengonsumsi makanan kurang sehat bahkan cenderung tinggi garam, gula, dan kalori. Ditambah, minimnya aktivitas dengan banyak duduk sambil bekerja tanpa melakukan gerakan yang aktif.

Menurut dokter spesialis gizi klinis, dr Feni Nugraha, M.Gizi, SpGK, salah satu cara untuk menjaga berat badan tetap ideal adalah dengan asupan makan yang tepat. Prinsipnya adalah mengonsumsi jenis makanan yang memberi rasa kenyang lebih lama.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Baca juga: Mau Tubuh Ideal? Coba Resep Jeruk Nipis untuk Pangkas Lemak

Berikut tipsnya untuk menjaga berat badan tetap ideal selama PSBB di rumah.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Rendah kalori

"Disarankan diet rendah kalori untuk turunkan berat badan. Untuk diet rendah kalori, sering gagal karena sering diikuti perasaan lapar dan tidak puas. Jenis dietnya makanya harus tepat," ujar dr. Feni dalam acara Hidup SehattvOne, beberapa waktu lalu.

Prinsipnya tinggi protein dan rendah lemak seperti menghindari kulit ayam. Pilihan karbohidrat yang tinggi serat agar kenyang lebih lama seperti nasi merah atau kentang dengan kulitnya. Pilihan sayur dan buah yang mengandung vitamin serta mineral sebagai sumber antioksidan.

Olahan tepat

"Jangan makan dan minum manis yang tinggi gula. Sebaiknya makanan tidak digoreng," tuturnya.

Jenis makanan tinggi protein namun rendah lemak seperti dada ayam yang dibakar tanpa kulit atau ikan jenis apapun yang dibakar. Selain itu, olahan telur yang direbus atau didadar dengan sedikit minyak juga bisa menjadi pilihan.

Olahraga

Tingkatkan olahraga dengan intensitas sedang seperti treadmill atau berenang. Disarankan 3-5 kali per minggu dengan target 300 menit per minggu.

Konsumsi air putih

Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat dan air putih. Untuk air putih, bisa dikonsumsi sebanyak 8-10 gelas per hari.

"Jangan lupa niat dan tekad yang kuat. Konsisten, sadar diri kalau sedang diet, dan tekad kuat," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya