8 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Pasien Diabetes

Buah-buahan untuk pasien diabetes
Sumber :
  • everydayhealth

VIVA – Saat Anda mencari makanan ramah diabetes yang dapat membantu menjaga gula darah dalam kisaran yang sehat, lihatlah di lemari es atau keranjang buah di meja dapur Anda. Percaya atau tidak, anggapan bahwa buah tidak aman saat Anda perlu menjaga A1C adalah mitos diabetes populer yang telah dibantah berulang kali. 

Mengandung Serat Hingga Vitamin, Ahli Gizi Sarankan Anak Konsumsi Multigrain untuk Sarapan

Memang, menurut American Diabetes Association (ADA), banyak jenis buah yang sarat dengan vitamin dan mineral yang baik untuk Anda, serta serat - nutrisi kuat yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko Anda terkena penyakit diabetes tipe 2, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Serat - yang juga dapat ditemukan di beberapa sayuran terbaik untuk diabetes, dan biji-bijian utuh - dapat lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda dengan meningkatkan perasaan kenyang dan mengekang mengidam dan makan berlebihan, penelitian menunjukkan. Pemeliharaan berat badan yang sehat dapat meningkatkan sensitivitas insulin Anda dan membantu dalam manajemen diabetes Anda.

5 Makanan Berserat Tinggi untuk Turunkan Berat Badan, Selain Sehat Bisa Langsing Alami

Jadi, bagaimana memilih buah terbaik untuk diabetes? Sementara beberapa bentuk buah, seperti jus, bisa berdampak buruk bagi diabetes, buah utuh seperti beri, jeruk, aprikot, dan ya, bahkan apel — bisa baik Anda dan kesehatan secara keseluruhan, melawan peradangan, menormalkan tekanan darah Anda, dan banyak lagi. Konsumsilah buah secara utuh, dalam bentuk alami, dan hindari sirup atau buah olahan apa pun dengan tambahan gula, yang cenderung meningkatkan gula darah Anda. 

Diabetes

Photo :
  • Times of India
4 Makanan Terbaik Penghilang Lemak, Ternyata Enak-enak Semua!

Ketika Anda menderita diabetes, langkah-langkah ini akan membantu menjaga gula darah dalam kisaran yang sehat, sehingga menurunkan risiko komplikasi diabetes tertentu, termasuk neuropati (kerusakan saraf), penyakit ginjal, masalah penglihatan seperti glaukoma, katarak, atau retinopati diabetik, dan penyakit yang mengancam jiwa seperti penyakit jantung dan stroke.

Berikut ini delapan buah yang ramah bagi pasien diabetes dikutip dari everydayhealth.com.

1. Buah Berries

Apakah Anda menyukai blueberry, stroberi, atau jenis berry lainnya, Anda boleh menikmatinya. Buah beri adalah makanan super diabetes karena dikemas dengan antioksidan dan serat. Satu cangkir blueberry segar memiliki 84 kalori dan 21 gram (g) karbohidrat, menurut Departemen Pertanian AS (USDA). 

2. Buah Ceri 

Buah Ceri

Photo :
  • everydayhealth

Satu cangkir ceri memiliki 52 kalori dan 12,5 g karbohidrat, dan mereka mungkin sangat baik dalam memerangi peradangan. Ceri juga dikemas dengan antioksidan, yang dapat membantu melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya, menurut ulasan yang diterbitkan pada Maret 2018 di Nutrients. 

Buah-buahan ini dapat dibeli segar, kalengan, beku, atau kering. Tetapi karena banyak buah-buahan kalengan dan kering mengandung tambahan gula, yang dapat meningkatkan gula darah Anda, pastikan untuk memeriksa labelnya.

3. Buah Persik

Buah Persik yang harum dan berair adalah suguhan saat cuaca hangat dan juga dapat dimasukkan dalam diet ramah diabetes Anda. Satu buah persik sedang mengandung 59 kalori dan 14 g karbohidrat, menurut  U.S. Department of Agriculture (USDA). 

Persik juga memiliki 10 miligram (mg) vitamin C, yang mencakup 11 persen dari nilai harian Anda (DV) untuk nutrisi itu, dan 285 mg potasium (6 persen dari DV). 

Bila Anda menginginkan camilan ramah diabetes yang mudah, siapkan smoothie cepat dengan menghaluskan irisan buah persik dengan buttermilk rendah lemak, es serut, dan sentuhan kayu manis atau jahe.

4. Aprikot

Biji aprikot.

Photo :
  • U-Report

Aprikot adalah buah pokok musim panas yang manis dan tambahan yang bagus untuk rencana makan diabetes Anda. Satu aprikot hanya memiliki 17 kalori dan 4 g karbohidrat, per USDA. 

Empat aprikot segar menyediakan 134 mikrogram (mcg) kebutuhan vitamin A harian Anda, yang merupakan 15 persen dari DV Anda. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik. 

5. Apel 

Sebuah apel setiap hari, benar-benar bisa menjauhkan diri Anda dari dokter. Masukkan satu ke dalam dompet atau tas jinjing jika Anda pergi; apel ukuran sedang adalah pilihan buah yang bagus, hanya dengan 95 kalori dan 25 g karbohidrat, catat USDA. 

Apel juga sarat dengan serat (sekitar 4 g per buah sedang, untuk 16 persen DV Anda) dan menawarkan beberapa vitamin C, dengan satu apel ukuran sedang menyediakan 8,73 mg atau sekitar 9 persen DV. 

Namun, jangan kupas apel Anda - kulitnya bergizi, dengan serat ekstra dan antioksidan pelindung jantung, menurut Sekolah Kesehatan Masyarakat. Harvard T.H. Chan.

6. Jeruk 

jeruk

Photo :
  • Times of India

Makan satu jeruk dan Anda akan mendapatkan 78 persen vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari (ada 70 mg C dalam satu buah ukuran sedang). Pilihan menyegarkan ini hanya mengandung 15 g karbohidrat dan 62 kalori, menurut USDA. Satu jeruk sedang juga mengandung folat (40 mcg atau 10 persen dari DV) dan potasium (237 mg atau 5 persen dari DV), yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Dan saat Anda menikmati camilan berair ini, jangan lupa bahwa buah jeruk lainnya, seperti jeruk bali, juga merupakan pilihan yang bagus.

7. Buah Pir

Karena pir adalah sumber serat yang sangat baik (satu buah berukuran sedang memiliki hampir 5,5 g atau 20 persen DV, per USDA), buah pir merupakan tambahan yang bijaksana untuk rencana makan diabetes Anda. 

Plus, tidak seperti kebanyakan buah, mereka benar-benar meningkatkan tekstur dan rasa setelah dipetik. Simpan pir pada suhu kamar sampai matang dan sempurna untuk dimakan (kemudian dapat disimpan di lemari es). 

8. Kiwi Hijau

Buah Kiwi.

Photo :
  • U-Report

Jika Anda belum pernah mencoba buah kiwi, Anda mungkin tidak tahu bahwa kulitnya yang berwarna cokelat berbulu halus menyembunyikan buah hijau cerah yang segar. 

Menurut USDA, satu kiwi pembangkit tenaga yang lezat memiliki 215 mg potasium (5 persen DV), 64 mg vitamin C (71 persen DV) dan 2 g serat (8 persen DV). 

Satu kiwi juga memiliki sekitar 42 kalori dan 10 g karbohidrat, jadi ini adalah tambahan yang cerdas untuk diet ramah diabetes Anda. Kiwi tersedia sepanjang tahun dan akan bertahan di lemari es hingga tujuh hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya