Tanda dan Diet yang Harus Diikuti Pasien Diabetes Tipe 2

Diet
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kasus diabetes mellitus tipe 2 meningkat secara global, menjadikannya salah satu bentuk diabetes yang paling umum. Ini adalah kondisi kronis di mana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau menolak insulin. 

Wulan Guritno Bongkar Efek Mengejutkan Hentikan Konsumsi Gula: Lemot dan Sensian!

Kondisi ini menyebabkan terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah yang menyebabkan masalah pada sistem peredaran darah, saraf, dan kekebalan tubuh. 

Meskipun tidak ada obat untuk diabetes tipe 2, tetapi dapat dikelola dengan baik dengan mengikuti diet dan olahraga yang tepat. Jika kadar gula masih tinggi maka obat-obatan atau terapi insulin di bawah bimbingan seorang praktisi medis diperlukan.

Istri Kenang Sosok Dorman Borisman, Bikin Haru Ungkap Hal Ini

Makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi memicu kadar gula dan terbukti berbahaya, demikian dilansir dari Times of India.

Buah-buahan dianggap sebagai pilihan sehat untuk dikonsumsi sebagai makanan ringan atau sebagai bagian dari makanan seimbang. 

Sambil Menangis, Istri Cerita Temani Dorman Borisman di Saat-saat Terakhir

Tidak dapat disangkal bahwa mereka memiliki nutrisi penting seperti serat tetapi, ada beberapa buah seperti nanas, kismis, mangga, ceri, pisang, jeruk dan buah ara menyebabkan kadar gula darah meningkat. 

Demikian pula sayuran bertepung yang kaya karbohidrat seperti kacang hijau, wortel, kentang, bit, bawang, kacang-kacangan dan jagung manis dapat meningkatkan gula darah.

Semua karbohidrat diubah menjadi glukosa dan ketika penderita diabetes mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat pada suatu waktu, kadar gula darah mereka dapat naik ke tingkat yang sangat tinggi. 

Ini juga dapat merusak saraf dan pembuluh darah tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal dan masalah kesehatan serius lainnya, oleh karena itu lemak trans buatan, roti putih, nasi, pasta, sereal sarapan manis, yogurt rasa buah, madu, buah kering, makanan yang digoreng dan makanan ringan kemasan harus dihindari karena mengandung banyak karbohidrat.

Diet

Photo :
  • Times of India

Makanan untuk penderita diabetes

1. Biji-bijian utuh seperti gandum utuh, beras merah, barley, quinoa, dan oat

2. Buah dan sayuran berserat

3. Protein seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, buncis, lentil dan tahu

4. Susu tanpa lemak atau rendah lemak seperti susu dan yogurt

Seiring dengan diet yang tepat, olahraga seperti jalan cepat, menaiki tangga dan pekerjaan rumah yang berat atau berkebun juga dapat membantu mengontrol gula darah.

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Tanda-tanda peringatan diabetes tipe

1. Buang air kecil lebih dari biasanya, terutama di malam hari

2. Merasa haus sepanjang waktu

3. Kelelahan

4. Penurunan berat badan

5.Penglihatan kabur

6. Gatal di sekitar penis atau vagina atau sariawan berulang kali

7. Masalah pada kaki karena luka membutuhkan banyak waktu untuk sembuh

Pola makan yang teratur dalam porsi yang tepat dan aktivitas fisik setiap hari dapat memberikan keajaiban untuk mengontrol kadar gula darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya