Wabah Pneumonia Misterius Serang China, Ribuan Anak Dilarikan ke RS Alami Masalah Pernapasan Parah

Wabah pneumonia di China.
Sumber :
  • The HealthSite.

CHINA – Setelah berjuang melawan pandemi COVID-19 yang mematikan selama lebih dari 3 tahun, Tiongkok atau China kini berada dalam cengkeraman wabah pneumonia yang parah. Berdasarkan catatan, ribuan anak telah dirawat di rumah sakit karena masalah pernapasan yang parah. 

Anwar Fuady Mau Nikah di Usia 77, Begini Respons Anak-anaknya

Pihak berwenang China mengatakan, lonjakan pneumonia yang disebabkan oleh mikoplasma pada anak-anak menunjukkan tanda-tanda surut, namun mereka memperingatkan bahwa penyakit pernapasan lainnya kemungkinan akan berdampak buruk pada populasi yang lebih luas selama musim dingin pertama di daratan setelah pembatasan COVID-19. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Dilansir HealthSite, wabah pneumonia baru-baru ini muncul setelah adanya laporan dari rumah sakit di Tiongkok yang dipenuhi anak-anak yang sakit, yang mengingatkan pada masa pandemi COVID-19. 

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Wabah ini pertama kali terdeteksi pada pertengahan Oktober 2023 ketika rumah sakit di Beijing dan provinsi Liaoning mulai melaporkan lonjakan kasus pneumonia yang tidak terdiagnosis. Jumlah kasus meningkat dengan cepat, membuat rumah sakit kewalahan dan memaksa beberapa sekolah untuk tutup. 

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Seriusnya situasi tersebut menyebabkan penangguhan kelas di beberapa sekolah, karena siswa dan guru jatuh sakit. Sesuai data, sejauh ini belum ada kasus kematian yang dilaporkan. 

Apakah wabah pneumonia ini akan memicu pandemi baru?
Pakar kesehatan menyatakan, hingga saat ini data yang ada tidak mendukung kemungkinan penyakit ini menjadi pandemi baru. Namun, karena pneumonia juga merupakan penyakit pernapasan, tindakan pencegahan yang tepat harus segera dilakukan. 

Menyadari memburuknya situasi di China, beberapa negara sudah mulai mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk bersiap melawan penyebaran penyakit pernapasan yang menular ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya