Mioma Hilang Setelah Melahirkan, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Kondisi benjolan di otot rahim, sebagian besar kasusnya, dapat mengecil dengan sendirinya. Namun, tidak jarang juga yang menganggap proses melahirkan menjadi salah satu pemicunya.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Perlu dipahami, saat hamil, hormon di seluruh tubuh menjadi meningkat. Hal ini juga memicu pertumbuhan mioma.

"Sehingga para wanita hamil dengan mioma, harus diawasi betul-betul, karena miomnya bisa membesar dan hal ini sebabkan nyeri akut," ujar spesialis kandungan, dr. Kathleen Juanita, SpOG, di Siloam Kebon Jeruk Jakarta, Kamis, 8 Desember 2016.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Ia juga mengatakan bahwa saat melahirkan, ukuran benjolan mioma bisa mengecil karena hormonnya sudah menurun. Bahkan, tidak jarang mioma bisa hilang usai masa-masa usia produktif habis.

"Miom bisa mengecil dan menghilang, terutama saat menopause karena sudah tidak ada hormonnya yang aktif," katanya menambahkan.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Terkait dengan proses kelahiran pada buah hati, banyak yang menganggap bahwa wanita yang memiliki mioma uteri tidak diperbolehkan melahirkan secara normal. Hal tersebut ternyata bergantung pada posisi dari letak mioma berada.

"Wanita hamil dengan mioma bisa saja melahirkan normal. Tapi tentu dengan letak miomnya yang tidak menutupi jalan lahir bayi, karena kalau menutupi, kasihan bayinya susah lewat," kata dia.

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024