Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Turunkan Berat Badan?

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Konsumsi kopi diyakini mampu meningkatkan stamina tubuh. Dengan mengonsumsi kopi, tubuh diyakini bisa lebih segar saat menjalani banyak aktivitas. Bahkan manfaat positif konsumsi kopi juga sempat diteliti. Dan penelitian terbaru menemukan, minum kopi sebelum berolahraga, dapat membakar lemak lebih cepat.

10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan

Dilansir dari laman Medical Daily, para peneliti dari University of Sao Paulo, Brazil, menemukan bahwa konsumai kopi sebelum olahraga, meningkatkan fokus, dan membuat otot untuk lebih mudah membakar lemak, sehingga mempercepat penurunan berat badan. Studi yang dipublikasi dalam Journal of Applied Physiology itu menuturkan, konsumsi kopi hingga 400 miligram satu jam sebelum olahraga, meningkatkan performa para atlet.

"Tidak penting kebiasaan individu dalam meminum kopi. Konsumsinya yang mendadak, dapat menjadi suplemen untuk meningkatkan kemampuan," ujar peneliti sekaligus profesor gizi, dr. Bruno Gualano.

Asupan Kopi Dalam Jumlah Sedang Mampu Turunkan Risiko Kecemasan, Ini Penjelasannya

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis 40 pria muda dan bugar yang sebelumnya diwawancara mengenai kebiasaannya mengonsumsi kafein. Dari jawabannya, akhirnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu kelompok yang hanya konsumsi rendah kafein, rata-rata kafein, dan konsumsi berat kafein.

Kemudian, mereka diminta untuk berolahraga secepat kemampuannya hingga mampu membakar 450 kalori. Di mana, peneliti meminta mereka tidak konsumsi apa pun di pagi hari, dan hanya diberikan 400 miligram kafein.

Pria Nekat Minum Kopi 1 Galon, Netizen: Gila!

Hasilnya, dari tiga grup tersebut, mereka memiliki kemampuan yang sama usai konsumsi kafein, yang mampu berolahraga hingga membakar 450 kalori yakni selama 30 menit. Sehingga, peneliti menyimpulkan, konsumsi kafein sebanyak 400 miligram dapat membantu membakar lemak lebih cepat, pada tiap individu.

Seperti diketahui, kopi dipercaya dapat membakar lemak dengan cara menggerakkan jaringan lemak tersebut. Ia akan menstimulasi sistem saraf, yang nantinya mengirimkan sinyal ke sel lemak untuk akhirnya memecah lemak itu sendiri.

Orang Jualan Mie dengan Campuran Kopi Bubuk

Ramai Peminat, Orang Jualan Mie dengan Campuran Kopi Bubuk

Pedagang mie instan sering kali berinovasi dengan mencampur berbagai bahan dalam hidangannya. Namun, satu kreasi yang menonjol adalah penggunaan kopi sebagai tambahannnya

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024