Terungkap! Rahasia di Balik Ayam Goreng Crispy Restoran Cepat Saji

Ilustrasi ayam goreng.
Sumber :
  • Pexels/Mounir Salah

VIVA Kuliner – Ayam goreng crispy menjadi menu olahan ayam yang cukup populer di kalangan masyarakat tanah air. Salah satu gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat, McDonald's menjadi salah satu gerai makanan cepat saji yang cukup populer dengan menu ayam goreng crispy-nya.

Gak Bisa Masak, Zaskia Adya Mecca Bingung Disuruh Suami Bikin Ayam Goreng

Saking populernya, tidak sedikit penasaran bagaimana menciptakan ayam goreng bertekstur crispy di luar dan juicy di dalam. Karena, mendapatkan ayam goreng seperti itu butuh trik memasak yang baik.

Baru-baru ini, McDonald's Indonesia mengajak awak media untuk mengintip dan mengetahui bagaimana mengolah ayam goreng andalan mereka. Tak main-main, perlu orang khusus yang memasak ayam goreng tersebut. Disebut sebagai spesialis ayam, karyawan tersebut bertugas secara khusus untuk menggoreng ayam.

Begini Alasan Netizen Ingin Boikot Ria Ricis

Ilustrasi ayam dan kulit ayam goreng.

Photo :
  • Pixabay

Tak hanya itu, sang spesialis ayam juga harus mendapatkan pelatihan khusus minimal 80 jam dan harus lolos verifikasi sebanyak dua kali.

Ramadhan Makin Istimewa! Menu Kesukaan Cipung Hadir di Hotel Mewah Jakarta

Lantas, bagaimana membuat ayam crispy seperti restoran cepat saji? Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, Caroline Kurniadjaja mengatakan, rahasia utama dari ayam goreng crispy adalah ayam itu sendiri.

"Ayam merupakan komponen terpenting. Kami menggunakan ayam berkualitas tinggi dan semua sudah diaudit," kata dia kepada awak media, Rabu 31 Mei 2023 di kawasan Salemba Jakarta Pusat. 

Sementara itu, spesialis ayam Fikri mengungkap, ada beberapa tips membuat ayam crispy seperti yang dijual di gerai McDonald's di seluruh Indonesia.

1. Proses persiapan dimulai dengan merendam ayam di air dingin bersuhu 1-4 derajat celsius. Suhu dan durasi perendaman perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap tekstur tepung bumbu pada saat penggorengan

2. Penepungan dilakukan dengan memijat ayam dengan tepung bumbu sebanyak dua kali. Proses ini harus memperhatikan teknik menepiskan tepung bumbu untuk memastikan tekstur yang crispy.

Ilustrasi ayam goreng.

Photo :
  • Pexels/Tim Samuel

3. Pada proses penggorengan, ayam disusun di keranjang penggorengan agar seluruh potongan dan bagian ayam dapat matang dengan sempurna. Ayam digoreng dengan minyak berkualitas yang sudah memiliki sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dengan cara yang presisi.

4. Ayam goreng disimpan di tempat bersuhu 82 derajat celcius untuk menjaga ayam goreng agar tetap renyah, gurih, dan hangat saat disajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya