Mie Lethek Dinobatkan Sebagai Mie Terjelek di Dunia Versi Business Insider

Mie Lethek
Sumber :
  • Instagram

VIVA Lifestyle – Pada umumnya, penampakan sebuah mie instan sangat menguggah selera makan seseorang. Namun sepertinya tidak bagi jenis mie asal Indonesia satu ini.

4 Idol K-Pop Kepincut Sambal Indonesia, Ada yang Ketagihan Sampai Nambah

Gegara memiliki penampilan yang kurang cantik dan menggugah selera, mie lethek  baru-baru ini menuai sorotan. Bahkan, saking tidak menariknya secara visual, banyak media luar yang menobatkannya sebagai mie terjelek di dunia. Memang seperti apa bentuknya? Yuk simak selengkapnya artikel berikut ini.

Apa itu Mie Lethek?

Pertama Kali ke Indonesia, Aktor Yordania Mohammed Al Jizawi Langsung Nyaman

Mie lethek adalah salah satu makanan khas daerah Bantul, Yogyakarta. Jenis mie satu ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan tepung gaplek. Berbeda dari biasanya, jenis mie ini sedikit mirip dengan bihun atau soun.

Mie lethek juga memiliki tekstur kenyal dan warna coklat karena penggunaan tepung gaplek dalam proses pembuatannya. Mie lethek yang berasal dari Bantul, Yogyakarta ini berhasil dinobatkan sebagai mie terjelek di dunia. Berikut ini terdapat alasan mie lethek mendapatkan predikit jelek sedunia.

Suka Makanan Pedas, Begini Respons Kim Bum Ditawari Seblak

Alasan Mie Lethek Dapat Predikat Jelek di Dunia

Melalui sebuah investigasi, tim Business Insider akhirnya berhasil mengunjungi salah satu rumah produksi mie lethek. Usai sampai di rumah produksi pembuatan mie lethek, mereka ternyata dikejutkan dengan proses produksi yang masih secara tradisional yaitu menggunakan tenaga sapi. 

Tidak hanya itu hasil akhir mie lethek dinilai kusam dan berubah menjadi abu-abu setelah dimasak juga menjadi salah satu penyebab jenis mie ini mendapatkan predikat jelek.

Hal ini membuat Business Insider memberi predikat "mie paling jelek di dunia" untuk mie lethek. Jadi bisa dibilang, Business Insider menyoroti pembuatan mie lethek yang hasilnya dinilai jelek dan kusam.

Secara harfiahnya, orang Bantul juga menyebut mie tersebut dengan istilah 'lethek' yang juga berarti kusam atau kotor. Sebagai informasi, untuk memproduksi mie lethek tentunya butuh waktu selama berhari-hari untuk menggiling tepung, mencetak, mengeringkan, membentuknya menjadi mie hingga memanggangnya.

Mi lethek yang sedang dijemur.

Photo :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

Mie lethek bukan mie instan seperti pada umumnya yang bisa dengan mudah dibuat dengan mesin di pabrik besar. Humas Pemda DIY sendiri menyebut warna kusam dari mie lethek disebabkan oleh penggunaan tepung singkong. Getah singkong yang ikut digiling dan diolah membuat warna adonannya keruh dan tidak cerah.

Tidak hanya itu, melansir dari salah satu sumber diketahui metode pembuatan mie lethek ini telah dipertahankan selama lebih dari 2.000 tahun silam. 

Proses unik dalam pembuatan mie lethek juga terdapat pada penggunaan tenaga kerbau atau sapi hingga cara memipihkannya yang dilakukan dengan menginjak mie hingga padat dan gepeng.

Seperti yang terlihat pada unggahan video milik akun TikTok @i.yusuf.k proses pembuatan mie lethek berikut ini, selain memiliki cara unik dalam proses pembuatan, waktu yang ditempuh untuk membuatnya juga tidaklah sebentar.

Reaksi Warganet

Penilaian terhadap mie Lethek ini pun langsung menuai beragam reaksi warganet. 

"Ada cerita sedih di balik terciptanya sebuah makanan yg di sebut mie lethek ini, jadi mohon yg komen di sini tidak usah komen sinis atau apa," tulis akun warganet.

"Mie lethek tercipta tu karena adanya krisis pangan dan ekonomi pada waktu itu asal kalian semua tau aja," ungkap lainnya.

"Lethek artinya kucel , kumel , lecek," tulis warganet.
 
"Buat kalian yang komen, pernah ngrasain? Cobain dah, bumbu rempahnya krasa banget. Dijamin bikin nagih, jangan ketipu ma tampilannya," tulis pengguna lainnya.

"Don't judge a book by cover, enak kui rasaneeee," tulis lainnya.

"Mereka itu jualan bukan buat dapat gelar, tpi buat kehidupan merek sehari hari. So, biarin aja orang menilainya bagaimana," seru warganet.

"Nggak gitu woy. Dibilang the ugliest karena memang asal nama lethek. Business Insider juga nggak pernah kasih ranking atau predikat soal kumpulan mie jelek," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya