Suka Minum Kopi Gula Aren? Hati-Hati Bisa Sebabkan Masalah Ini

Ilustrasi es kopi susu, kopi gula aren
Sumber :
  • Freepik/valeria_aksakova

JAKARTA – Bagi sebagian orang mungkin akan sulit jika tidak mengonsumsi kopi dalam sehari. Berbicara mengenai kopi seiring dengan berjalannya waktu, berbagai varian baru dari kopi bermunculan demi memuaskan pecinta kopi.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Kopi gula aren menjadi salah satu tren kopi paling bombastis, bahkan hingga membuat banyak kedai kopi baru bermunculan.  Banyak bisnis kopi mulai dari yang sudah besar hingga UMKM yang baru muncul hadir dengan menu kopi gula aren demi dapat menggaet pelanggan.

Kopi gula aren sendiri merupakan perpaduan antara kopi bubuk hitam dengan gula pasir, susu cair dannn gula aren. Namun taukah Anda jika kopi gula aren bisa menyebabkan berat badan bertambah, termasuk bisa membuat perut buncit?

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • Instagram kenanganheritage.id

Diungkap oleh Spesialis Gizi Klinik dr. Diana Suganda Sp.GK, M.Kes bahwa kandungan kalori pada kopi gula aren cukup tinggi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

"Kandungan kalori gula aren dengan gula pasir, sirop vanila sama. Kopinya sendiri kita seduh enggak ada kalori 10-15 kalori kecil banget. Tapi kalau pakai krimer gula akhirnya kandungan lemak meningkat, kalorinya meningkat jadinya perut buncit," jelas dia dalam program Hidup Sehat TvOne, Senin 8 Januari 2024.

Lebih lanjut dijelaskan Diana Sugandi, Gula sendiri nantinya yang kita minum dan dimetabolisme di tubuh akan mengikat cairan, satu molekul gula yang disimpan dalam tubuh akan berefek pada molekul air. Jadi biasanya banyak minum manis perut bagian bawah buncit, karena tertarik cairannya.

Tak hanya kopi gula aren saja, mengonsumsi kopi dengan krimer juga bisa menyebabkan perut membuncit dan bergelambir.

"Kalau pakai krimer gula akhirnya kandungan lemak meningkat, kalorinya meningkat jadinya perut buncit,"katanya.

Namun Diana Sugandi mengungkap bisa tetap menyiasati untuk mereka yang ingin mengonsumsi kopi gula aren atau kopi dengan krimer.

"Oke ga bisa minum kopi pait bisa request krimernya 5ml gula 5ml tetap enak manis dikit dapat gurih dapat tapi kandungan kalorinya tidak tinggi.
Kalau kopi gula aren bisa request 5ml. Kalau enggak bisa 5ml bisa deh 10ml. Kalau full untuk satu takaran di coffe shop itu 30ml itu too much, 5-10ml saja," katanya menjelaskan. 

Diana juga menjelaskan untuk aturan konsumsi gula harian. Untuk aturan konsumsi gula bagi usia dewasa 50 gram setara 3sdm. Untuk anak 30 gram atau 4sdt. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya