4 Rekomendasi Pantai untuk Liburan Sebelum Ramadhan, Lautnya Lagi Tenang Lho

Pantai Indah Kemangi Jungsemi Kendal.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

VIVA Travel – Jelang masuknya bulan Ramadhan, banyak yang memanfaatkan masa-masa sebelum puasa untuk berlibur. Karena selama sebulan penuh nanti, tentu lebih banyak melakukan ibadah. Karena kalau pun jalan-jalan saat sedang puasa, tentu ada pengaruh pada stamina.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Makanya, banyak yang membuat agenda jalan-jalan wisata sebelum masuk bulan puasa. Lalu, tempat mana yang sudah kalian agendakan untuk dikunjungi? Yuk, scroll untuk beberapa rekomendasinya.

Nah, pantai sepertinya pas untuk berlibur pada pekan ini. Karena apa? Cuacanya sedang bersahabat lho. Perairannya sedang tenang dan tak bergelombang tinggi, terutama di perairan Laut Jawa.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ilustrasi laut.

Photo :
  • www.pixabay.com/theseasodeep0

Menurut BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, mulai 15 Maret 2023 hingga beberapa hari ke depan, di seluruh perairan di utara Jawa Tengah saat ini, sedang tenang-tenangnya. Tinggi gelombang hanya 0,1 – 0,5 meter saja. 

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Situasi bagus ini berlaku untuk seluruh perairan utara Jawa Tengah. Yaitu di perairan antara Brebes - Pemalang, Pekalongan - Kendal, Semarang - Demak, Jepara, Pati - Rembang, serta perairan Karimunjawa. Selain itu juga di perairan Laut Jawa bagian tengah.

Wisata ke pantai maupun pesiar mengunjungi pulau-pulau bisa jadi rekomendasi menarik. Nah, destinasi wisata bahari di Jawa Tengah ini bisa dijadwalkan untuk jalan-jalan akhir pekan.

Pantai Bandengan Jepara
Ini pantai yang sangat populer, karena pantainya landai dengan pasirnya yang putih bersih. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau, hanya 15 menit dari Jepara Kota dengan kendaraan apa saja. Ada banyak resort di tepi pantai yang bisa diakses gratis, tapi mesti beli makanan di situ. Wisatawan bisa mandi dan bermain-main di pantai atau naik perahu keliling perairan Pantai Bandengan.

Pantai Indah Kemangi Kendal
Bisa diakses dari Kendal Kota selama setengah jam berkendara menuju Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung. Jalurnya melewati jalan aspal dan jalan beton jelang sampai di pantai. Kelebihan pantai ini adalah bentang pantainya yang panjang. Di tepiannya sudah ditanami pohon cemara udang yang sangat rindang. Pantai Indah Kemangi termasuk bersih dengan ombak yang landai.

Pantai Indah Kemangi Jungsemi Kendal.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

Pantai Pulau Panjang di Jepara
Ini termasuk pantai yang top. Airnya sebening kristal, dan pasirnya sangat putih. Di tengah pulau ada hutan lindung dengan pohon-pohon besar. Sedangkan di tepi pantai tumbuh pohon cemara laut yang bisa dipakai untuk berkemah. Akses menuju ke Pulau Panjang bisa dengan naik perahu dari Dermaga Pelabuhan Pantai Kartini Jepara dengan waktu tempuh hanya 15 menit.

Grand Maerokoco Semarang
Kalau mau wisata yang berbau laut tapi bukan pantai, bisa ke sini. Aksesnya mudah, bahkan bisa naik bus BRT dari Kota Semarang dengan ongkos Rp4ribu saja. Di lokasi ini ada hutan mangrove yang di tengahnya sudah diberi walking trek untuk jalan-jalan menyusuri pohon bakau. Wisatawan juga bisa naik perahu keliling perairan sekitarnya.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya