Perhatikan! Ini 5 Barang yang Dilarang Dibawa ke Kabin Pesawat

Kenapa Lampu Kabin Pesawat Dimatikan Saat Akan Terbang atau Mendarat? Ini Alasanya
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle - Sebagai penumpang pesawat ada yang perlu diperhatikan ketika hendak membawa barang ke bagasi. Pasalnya ada beberapa barang yang tidak boleh dimasukan ke kabin pesawat.

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

Seperti diketahui, ketika kita menggunakan transportasi udara seperti pesawat pastinya memiliki peraturan yang ketat berbeda dengan transportasi darat.

Berikut beberapa barang yang tidak diperbolehkan masuk kabin pesawat, dilansir berbagai sumber:

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

1. Benda Cair

Air zamzam dalam kemasan 5 liter

Photo :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Bagi para penumpang ada yang perlu diperhatikan jika hendak akan memasukan barang benda cair ke kabin pesawat. Jika berbentuk botol maksimal berukuran 100 ml per item dengan total berat maksimal 1 liter.

2. Benda Tajam, Senjata Api

Barang bukti senjata api yang diamankan dalam kasus perampokan di Cilacap.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Senjata tajam dan senjata api merupakan bunda yang sangat dilarang untuk masuk ke kabin pesawat. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa kategori yang masuk benda tajam adalah Pisau, Silet, Pemotong Daging, Alat Penghancur Es serta membawa gunting di bagasi pesawat yang panjang bilahnya melebihi 4 cm. Benda-benda tersebut dilarang masuk ke kabin pesawat.

3. PowerBank

Powerbank

Photo :
  • VIVA/Amal Nur Ngazis

Ada beberapa jenis powerbank yang tidak boleh masuk dalam kabin pesawat, melainkan perangkat yang memiliki kapasitas maksimal 20.000 mAh atau 100 watt. Sedangkan kapasitas lebih dari itu semisal 32.000 MAH harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak maskapai.

4. Barang Mudah terbakar dan Meledak

Korek api

Photo :
  • U-Report

Barang yang mudah terbakar dan mudah meledak pastinya tidak diperkenankan untuk masuk ke kabin pesawat. Yang masuk dalam kategori tersebut cat semprot, klorin, pemutih, alkali, bahan radioaktif, kembang api, granat, dinamit, dan berbagai jenis bahan bakar. Namun korek api masih diperbolehkan, asal korek tersebut dibawa oleh sendiri dan tidak dimasukan ke dalam tas.

5. Makanan yang Berbau Tajam

Buah Durian.

Photo :
  • vstory

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasukan ke dalam kabin, yaitu seperti buah nangka dan durian. Pasalnya bau buah-buah yang tajam sangat mengganggu para penumpang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya