Jadi Tempat Favorit Idol Korea dan Bebas Visa, Begini Tips Berkunjung Ke Pulau Jeju untuk First Timer

Pantai Udo Sanho, Pulau Jeju.
Sumber :
  • Instagram @visitjeju.en

JAKARTA – Pulau Jeju menjadi salah satu destinasi wisata di Korea Selatan yang populer di kalangan pecinta drama Korea dan K-Popers. Sejumlah destinasi seperti Maze Land yang menjadi lokasi syuting drama The Legend of The Blue Sea yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun.

Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024

Pasar Goseong 5-day Market di kota Seogwipo, Pulau Jeju diketahui menjadi salah satu lokasi syuting drama Our Blues yang dibintangi Kim Woo Bin dan Shin Min Ah. Selain destinasi alam yang menarik, Jeju juga menjadi surga wisata kuliner, wilayah kepuluan ini diketahui sangat dikenal dengan seafood-nya yang fresh dan enak.

Selain itu, Jeju juga belakangan memiliki daya tarik tersendiri oleh wisatawan khususnya Indonesia lantaran free visa atau tidak memerlukan visa masuk seperti ketika berkunjung ke Korea. Kebijakan ini berlaku mulai tahun 2018 lalu, namun sempat ditangguhkan di tahun 2020 lalu karena pandemi. Namun saat ini untuk berkunjung ke Jeju, masyarakat Indonesia tidak perlu membutuhkan visa wisata ke sana.

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

Seopjikoji, wisata di Pulau Jeju.

Photo :
  • Instagram @visitjeju.en

Nah, jika kamu ingin mengunjungi Jeju dalam waktu dekat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Lee Chae Min dan Ryu Da In Umumkan Resmi Berkencan

1. Tiket Penerbangan

Tiket penerbangan untuk ke Jeju belakangan ini semakin variatif. Salah satu maskapai asal Singapura, Scoot diketahui memiliki rute penerbangan baru dari Jakarta- Singapura-Jeju. Tiket one way menuju Jeju dari Jakarta berkisar Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta.

2. Transportasi selama di Jeju

Diungkap oleh Deputy Director Global Marketing Departmen, Ian (Kangil) RHEE, untuk mobilisasi terbaik selama di Jeju adalah dengan menyetir kendaraan yang bisa di sewa di sana. Namun sayangnya untuk Indonesia, SIM internasional Indonesia yang dikeluarkan oleh Polri berbeda konvensi dengan yang dikeluarkan polisi Korea. Namun masyarakat Indonesia masih bisa menyewa mobil dengan supir.

"Kalau tiga hari di Jeju dan ingin mau jalan-jalan ke banyak tempat, bisa sewa mobil dengan biaya 30 hingga 40 dolar Amerika. Tapi kalau di sana dalam waktu lama bisa menggunakan bus wisata ini sudah mencakup 22 titik wisata di sana," jelas dia.

Jeju Mok-Gwana, wisata di Pulau Jeju.

Photo :
  • Instagram @visitjeju.en

3. Waktu ideal ke Jeju

Diungkap Ian, waktu terbaik untuk mengunjungi Jeju adalah di musim semi yakni pertengahan April hingga awal Juni atau di musim gugur di September hingga pertengahan November. Karena suhu dan cuaca di sana cukup baik di waktu itu. 

"Untuk berapa lama semakin lama semakin bagus sih. Tapi kalau first timer bisa 4 hari 3 malam. Jadi hari pertama bisa eksplore sisi timur, hari kedua di sisi barat, tapi tergantung makin lama makin bagus," jelas dia.

4. Makanan dan Restoran Halal

Diungkap Ian, bahwa untuk menemukan restoran tersertifikasi halal di Jeju cukup sulit. Sebab untuk mendapatkan sertifikat halal sendiri prosesnya cukup banyak. Namun ada sekitar 26 hingga 30 restoran yang muslim friendly. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya