Puluhan Tentara Amerika Tewas Dibantai Milisi Houthi Yaman

VIVA Militer: Proses evakuasi mayat tentara Amerika Serikat
Sumber :
  • taghribnews.com

VIVA – Serangan besar-besaran yang dilancarkan milisi Houthi Yaman terhadap basis pasukan militer Amerika Serikat (AS) di Irak dan Suriah, berdampak besar. Puluhan tentara Amerika tewas akibat serangan udara dengan menggunakan drone.

Prabowo Bocorkan Gaya Kepemimpinannya: Saya Ingin Jadi Diri Sendiri dengan Tulus

Dilansir VIVA Militer dari National Review, setidaknya 45 orang tentara Amerika tewas dalam serangan pesawat tanpa awak Houthi di Irak dan Suriah, yang dilancarkan pada pertengahan Oktober 2023 lalu.

Jumlah itu ternyata dua kali lebih besar dari yang sebelumnya dilaporkan secara resmi oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD).

27 Tim Ini Dipastikan Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025, Sisa 5 Tiket Lagi

Menurut laporan Pentagon, jumlah prajurit Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (AS) yang tewas hanya 21 orang. Sebagian besar meregang nyawa akibat cedera otak traumatis, akibat dua serangan drone milisi Houthi.

VIVA Militer: Serangan drone milisi Houthi Yaman

Photo :
  • foxnews.com
Beda dengan Indonesia, Amerika Mulai Jegal Masuknya Mobil Listrik Asal China

Informasi yang menyatakan jika laporan Pentagon salah dihembuskan oleh NBC News. Pada awalnya, menurut perhitungan media yang juga berbasis di Amerika itu jumlah tentara yang tewas sebanyak 38 orang.

Akan tetapi dalam laporan terbarunya pada Senin 6 November 2023, NBC News merilis data perhitungan jumlah korban tewas terkini sebanyak 45 prajurit.

Puluhan tentara Amerika itu dilaporkan tewas dalam dua serangan terpisah di Irak dan Suriah, yang dilancarkan milisi Houthi Yaman pada 17 dan 18 Oktober 2023

Kedua serangan pesawat tanpa awak milisi Houthi menargetkan di Pangkalan al-Tanf, Suriah serta Pangkalan Udara al-Asad di Irak.

VIVA Militer: Proses evakuasi tentara Amerika Serikat

Photo :
  • tasnimnews.com

Meskipun berhasil ditembak jatuh, puing-puing drone jatuh menimpa hangar pangkalan. Sehingga, banyak tentara Amerika yang tewas dan terluka dalam insiden itu.

Milisi Houthi yang berafiliasi dengan Republik Islam Iran juga telah menyatakan sikapnya untuk mendukung pasukan Hamas Palestina, dalam perlawanan terhadap agresi militer Israel di Gaza dan Tepi Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya