Tentara Bayaran Rusia Penjaga Lumbung Emas Tewas Diserang Pasukan Khusus Ukraina

VIVA Militer: Unit intelijen tempur serang tentara bayaran Rusia
Sumber :
  • Youtube

VIVA  – Sejumlah tentara Rusia bayaran dari PMC Wagner Group dikabarkan terbunuh dalam serangan pasukan intelijen tempur militer Ukraina , Senin 6 November 2023. Yang mengejutkan, insiden ini terjadi di Sudan.

Aksi Serda Hari Prajurit Kopaska TNI AL yang Bikin Takjub 1.000 Atlet Mancanegara di Vietnam

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU), sebuah video berdurasi 2 menit 2 detik menunjukkan detik-detik serangan senyap terhadap pasukan tentara bayaran Rusia .

Adalah media asal Ukraina, Kyiv Post yang pertama kali mempublikasikan video serangan unit intelijen tempur Ukraina, di negara penghasil emas terbesar ketiga di Benua Afrika tersebut.

TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Gelar Latihan Memburu Ranjau Laut di Perairan Kepri

Terlihat dalam video tersebut, pasukan khusus Ukraina melakukan pengepungan hingga pengepungan, di sebuah bangunan di sebuah kota di Sudan.

VIVA Militer: Unit intelijen tempur serang tentara bayaran Rusia

Photo :
  • Youtube
Hussain Mekky, Komandan Hizbullah Tewas Dibom Jet Tempur Israel

Setelah menemukan sasarannya, pasukan yang diyakini dikerahkan oleh Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina, membunuh sejumlah tentara bayaran  Wagner Group dengan senapan serbu dan peluncur granat.

Serangan ini bukan yang pertama kali dilancarkan pasukan khusus Ukraina di Sudan. Pada September 2023 lalu, intelijen militer Ukraina juga menyerang kamp tentara Rusia dengan drone .

Dilaporkan VIVA Militer dari CNN , percakapan dengan sumber yang terlibat dalam operasi rahasia itu tersedap dan membuktikan keterlibatan militer Ukraina.

Sumber anonim dalam rekaman itu menjawab saat ditanya apakah Ukraina berada di balik serangan tersebut, dengan Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina.

VIVA Militer: Unit intelijen tempur serang tentara bayaran Rusia

Photo :
  • Youtube

"(Operasi di Sudan) tanggung jawabnya mungkin ada pada layanan khusus Ukraina," ucap sumber anonim tersebut.

Selain itu, pada 6 Oktober 2023, militer Ukraina melaporkan bukti terbaru yang muncul terkait keterlibatan badan intelijen Ukraina, dalam perang di Sudan melawan tentara bayaran Rusia.

Kehadiran pasukan intelijen Ukraina dalam perang di Sudan, diklaim telah dikonfirmasi oleh sumber-sumber di kalangan intelijen. Sebagai bukti, sejumlah video dipublikasikan yang berisi cuplikan pertempuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya