Cara Mudah Periksa BPKB Asli atau Palsu saat Membeli Mobil Bekas

BPKB.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

Jakarta, 22 November 2023 – Membeli mobil bekas menjadi salah satu cara, untuk bisa memiliki kendaraan dengan dana yang terbatas. Kualitasnya tergantung dari masa pemakaian, dan juga perawatan yang dilakukan.

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

Ketika akan bertransaksi membeli mobil bekas, salah satu dokumen yang wajib diperiksa yakni Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB.

Dokumen ini berfungsi sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor dan diperlukan untuk berbagai keperluan, seperti membayar pajak, memperpanjang STNK, dan melakukan transaksi jual beli kendaraan.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara cek BPKB asli atau palsu agar tidak tertipu oleh oknum yang menjual mobil bekas dengan BPKB palsu.

Ilustrasi mobil bekas

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
1500 Orang Bakal Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Banteng, Polisi Lakukan Ini

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Daihatsu Indonesia, pengecekan BPKB bisa dilakukan lewat jalur online. Caranya yakni dengan mengunjungi laman Samsat masing-masing daerah. Untuk wilayah DKI Jakarta, alamatnya yakni samsat-pkb2.jakarta.go.id.

Jika BPKB asli, maka sistem akan menampilkan data kendaraan yang sesuai dengan nomor mesin dan nomor rangka yang dimasukkan. Data tersebut meliputi merek, tipe, tahun pembuatan, warna, dan nomor polisi kendaraan.

Sementara itu untuk pemeriksaan secara manual, bisa dengan cara melihat fisik dari BPKB mobil bekas yang dijual. Ciri-ciri BPKB asli yakni terbuat dari kertas yang berkualitas baik, ada watermark berupa logo Polda dan Samsat, serta terdapat QR Code yang bisa dipindai menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional atau Signal.

Sedangkan ciri-ciri BPKB palsu antara lain terbuat dari kertas yang berkualitas rendah, tidak terdapat watermark berupa logo Polda dan Samsat, QR Code tidak bisa dipindai menggunakan aplikasi SamDinas, dan nomor seri BPKB tidak tercetak dengan jelas atau mudah terkelupas.

Sebagai informasi tambahan, untuk kendaraan yang terdaftar di Banten maka pengecekan BPKB secara online bisa melalui aplikasi Samsat Banten.

Kemudian untuk wilayah Jawa Timur caranya yakni mengunjungi laman info.dipendajatim.go.id, atau melalui SMS dengan mengetik JATIM (spasi) pelat nomor kendaraan, kemudian kirim ke 7070.

Sama seperti Provinsi Jawa Timur, cara mengecek keaslian BPKB secara online di Jawa Barat yaitu membuka laman bapenda.jabarprov.go.id/infopkb, atau bisa melalui SMS dengan mengirim SMS ke 3977 yang formatnya Poldajbr (spasi) pelat nomor kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya