Truk Terguling di Tanjakan Batu Jomba, Warganet Salahkan Sopir

Kecelakaan truk di Sumatera Utara
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @memomedsos_official

Sumatera – Belum lama ini, terjadi sebuah kecelakaan yang menimpa truk di tanjakan Batu Jomba, Sumatera Utara. Kejadian ini menyebabkan truk tergelincir ke arah turunan dan menyambar dua kendaraan alat berat di belakangnya. 

Pemerintah Lakukan Ini Pasca Kecelakaan Maut Bus di Subang

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, memperlihatkan sebuah truk ODOL (Over Dimension Over Loading) sedang menanjak tanjakkan yang cukup curam. Video tersebut diunggah di laman Instagram @Memomedsos_official dikutip VIVA Otomotif pada Rabu, 27 Desember 2023. 

Tampak juga truk berwarna kuning ini berhenti sesaat dan sang sopir keluar dari kendaraan.  Bukannya tetap berhenti, Truk ini malah berjalan mundur ke area turunan hingga terguling dan menyambar dua kendaraan alat berat di belakangnya. 

KNKT Ungkap Bus Kecelakaan Maut di Subang Dimodifikasi Jadi High Deck

Tidak mengungkapkan rasa prihatin, warganet yang melihat video tersebut malah memaki sang sopir karena memutuskan untuk keluar dari truk dan membiarkan kendaraan tersebut terguling meluncur ke bawah. 

"Rugi banget rekrut orang kayak gitu di perusahaan. Padahal bisa di rem pelan-pelan turun ke bawah. Keliatan sebelum dia turun remnya masih dia pijak masih mampu bertahan itu trucknya," ujar warganet. 

Netizen Indonesia Ngamuk Lagi, Setelah Serang Elkan Baggott Kini Geruduk Como 1907

"Supirnya kenapa keluar dah," tulis netizen lain.

Selain komentar pedas yang diberikan oleh warganet kepada sang Sopir, ada beberapa netizen lainnya yang mengatakan bahwa lokasi tanjakan tersebut memang sudah sering terjadi kecelakaan. 

"Itu jalan udah sering banget bikin kecelakaan tapi gak dibetulin-betulin," ungkap satu warganet. 

Berkaitan dengan hal ini, Prasetyo Adhi Wibowo selaku Pemilik Bengkel Bus dan Truk ASNpro mengungkapkan bahwa tidak semua kecelakaan truk tergelincir itu menjadi kesalahan sang sopir, ada beberapa faktor lainnya. 

"Sopir truk nya mungkin kurang berpengalaman dengan medan jalanan tersebut tapi ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan kecelakaan itu bisa terjadi," kata Adhi, saat dihubungi oleh VIVA Otomotif. 

"Itu saya lihat, truk nya mungkin ODOL. Bermuatan cukup banyak jadi kalau untuk nanjak ya berat, juga bisa jadi karena tanjakannya terlalu curam atau bergelombang. Jadi meskipun sopir nya sudah menggunakan rem tangan, atau rem kaki ya kemungkinan truk tergelincir akan ada," jelasnya.

Menurut Adhi, untuk mengantisipasi kecelakaan truk tergelincir tersebut, sang sopir bisa menggunakan gigi rendah saat sedang menanjak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya