Kendaraan Amfibi Milik TNI Sapa Pengunjung IIMS 2024, Apa Saja Fungsinya?

Kendaraan Amfibi Milik TNI Mejeng di IIMS 2024
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Gelaran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 memberikan aneka keseruan dan keunikan untuk disaksikan para pengunjung. Salah satunya dengan keberadaan dari kendaraan amfibi milik Tentara Nasional Indonesia (TNI), bernama Ponton.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Dani Agus Wahyudi selaku tentara dari Satuan Yon Zipur 9 Langlang Buana TNI Angkatan Darat menjelaskan kendaraan yang dipamerkan di IIMS 2024 ini berasal dari kota Bandung dan dibawa berkendara selama tiga jam menuju Jakarta.

"Ini dari kota Bandung, disetir selama kurang lebih tiga jam menuju kota Jakarta untuk pameran IIMS ini," ujarnya saat ditemui VIVA Otomotif di ajang IIMS 2024, JIEXpo Kemayoran, Jakarta.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Kendaraan Amfibi Milik TNI Mejeng di IIMS 2024

Photo :
  • Arianti Widya

Wahyudi pun menjelaskan kesulitan saat mengendarai kendaraan Ponton ini dari Bandung ke Jakarta.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Kalau kesulitan sih sebenarnya lebih saat kita keluar tol ya, itu kan karena lebih banyak kendaraan lain. Terus juga Ponton ini setir kiri, nah masyarakat Indonesia kan setir nya di kanan. Jadi ya harus ada penyesuaian lagi," jelas Wahyudi.

Terkait fungsi kendaraan, Wahyudi mengatakan kalau Ponton bisa berubah menjadi sebuah kapal Fery dan jembatan.

"Ponton sebenarnya punya dua fungsi, yaitu bisa membentang menjadi jembatan dan membentuk seperti kapal Fery," ucapnya.

Wahyudi pun memberikan contoh fungsi kendaraan ini saat berubah menjadi sebuah jembatan.

"Kendaraan ini kan bisa berubah jadi jembatan, itu fungsinya buat penyebrangan. Contoh, kita (tentara) sedang latihan lalu pasukan ketemu dengan sungai, kan tidak bisa dilewati kendaraan darat seperti Tank atau Leopard. Jadi saat kita bentangkan Ponton ini menjadi jembatan, kendaraan tank bisa
lewat," jelasnya.

Lebih lanjut, Wahyudi mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki total 18 kendaraan Amfibi Ponton ini yang tersebar di tiga wilayah.

"Indonesia punya 18 kendaraan ini, 8 unit di Kota Pasuruan, 8 unit di Kota Bandung, dan 2 unit di Kota Bogor," ungkap Wahyudi.

Berkaitan spesifikasi, kendaraan amfibi ini dikatakan Wahyudi memiliki bobot berat 28 ton dengan dimensi panjang 13.03 m, lebar 3.35 m dan tinggi 3.97 m.

Diketahui, kendaraan milik TNI ini menggunakan mesin diesel bertenaga 289 kW dengan kecepatan maksimal 80km/jam dan memiliki jarak tempuh 750 km di darat. Sementara jarak tempuh di air, 14 km/jam. 

Setelah beberapa hari berada di IIMS 2024, terlihat banyak pengunjung yang terpukau dan melakukan sesi foto dengan kehadiran kendaraan raksasa ini.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin melihat kendaraan raksasa ini, bisa mendatangi pameran otomotif IIMS 2024, yang berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya