Tanda Kaca Film Mulai Rusak

Ilustrasi kaca film mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Kaca film menjadi salah satu komponen penunjang kenyamanan ketika berada di kabin mobil. Dengan lapisan film yang dipasang di bagian dalam kaca, film bisa meredam panas atau pun sinar ultraviolet yang masuk.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Karena memiliki peran cukup penting, komponen ini harus diperhatikan, termasuk usia pakai. "Kalau yang bagus umumnya kaca film bisa sampai 5 tahun, bahkan lebih. Kalau yang murah itu paling lama dua tahun," kata April, pemilik toko V-Two Film kepada VIVA.co.id saat ditemui di MGK, Kemayoran, Jakarta.

Selain usia pakai, pemilik mobil juga harus memperhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa memperpendek usia kaca film. "Kerusakan pertama itu biasanya pudar. Selain karena umur pakai, film bisa pudar kalau mobil terlalu sering diparkir di tempat panas atau terpapar sinar matahari langsung," kata April.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

Kerusakan lainnya adalah goresan yang membuat film menjadi lecet. Sehingga, kata April, kemampuan menolak panasnya menjadi berkurang. "Sebenarnya kaca film udah dirancang dengan bahan tertentu untuk anti gores ringan. Tapi kalau kena benda tajam ya tetap bisa lecet atau bahkan robek," ujarnya menjelaskan.

Selain itu, kerusakan lain juga bisa terjadi saat pemasangan. Lapisan film yang terlipat sehingga membuat garis batas sebaiknya tidak dipaksakan, karena lem pada film tidak bisa merekat sempurna. "Lemnya enggak rekat, kalau dipaksakan lama-lama bisa mengelupas.” (mus)

Mobil Listrik Wuling dan MG Pakai Kaca Film Berstandar ISO
Ilustrasi memasang kaca film mobil

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Kaca film merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kenyamanan kabin mobil. Selain meningkatkan privasi, kaca film juga berfungsi untuk menolak panas matahari, me

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024